Rahasia dan Keanehan Segitiga Bermuda

25 09 2008

Bagi Anda yang gemar kisah misteri, pasti mengenal Segitiga Bermuda, wilayah laut di selatan Amerika Serikat dengan titik sudut Miami (di Florida), Puerto Rico (Jamaica), dan Bermuda ini, telah berabad-abad menyimpan kisah yang tak terpecahkan.

Misteri demi misteri bahkan telah dicatat oleh pengelana samudera macam Christopher Columbus.

Sekitar 1492, ketika dirinya akan mengakhiri perjalanan jauhnya menuju dunia barunya, Amerika, Columbus sempat menyaksikan fenomena aneh di wilayah ini. Di tengah suasana laut yang terasa aneh, jarum kompas di kapalnya beberapa kali berubah-ubah. Padahal cuaca saat itu begitu baik.

Lebih dari itu, tak jauh dari kapal, pada suatu malam tiba-tiba para awaknya dikejutkan dengan munculnya bola-bola api yang terjun begitu saja ke dalam laut. Mereka juga menyaksikan lintasan cahaya dari arah ufuk yang kemudian menghilang begitu saja.

Begitulah Segitiga Bermuda. Di wilayah ini, indera keenam memang seperti dihantui “suasana” yang tak biasa. Namun begitu rombongan Columbus masih terbilang beruntung, karena hanya disuguhi “pertunjukkan”. Lain dengan pelintas-pelintas yang lain.

Menurut catatan kebaharian, peristiwa terbesar yang pernah terjadi di wilayah ini adalah lenyapnya sebuah kapal berbendera Inggris, Atalanta, pada 1880. Tanpa jejak secuilpun, kapal yang ditumpangi tiga ratus kadet dan perwira AL Inggris itu raib di sana. Selain Atalanta, Segitiga Bermuda juga telah menelan ratusan kapal lainnya.

Di lain kisah, Segitiga Bermuda juga telah membungkam puluhan pesawat yang melintasinya. Peristiwa terbesar yang kemudian terkuak sekitar 1990 lalu adalah raibnya iring-iringan lima Grumman TBF Avenger AL AS yang tengah berpatroli melintas wilayah laut ini pada siang hari 5 Desember 1945. Setelah sekitar dua jam penerbangan komandan penerbangan melapor, bahwa dirinya dan anak buahnya seperti mengalami disorientasi. Beberapa menit kemudian kelima TBF Avenger ini pun raib tanpa sempat memberi sinyal SOS.

Anehnya, misteri Avenger tak berujung di situ saja. Ketika sebuah pesawat SAR jenis Martin PBM-3 Mariner dikirim mencarinya, pesawat amfibi gembrot dengan tigabelas awak ini pun ikut-ikutan lenyap. Hilang bak ditelan udara. Keesokan harinya ketika wilayah-wilayah laut yang diduga menjadi tempat kecelakaan keenam pesawat disapu enam pesawat penyelamat pantai dengan 27 awak, tak satu pun serpihan pesawat ditemukan. Ajaib.

Tahun demi tahun berlalu. Sekitar 1990, tanpa dinyana seorang peneliti berhasil menemukan onggokan kerangka pesawat di lepas pantai Fort Launderdale, Florida. Betapa terkejutnya orang-orang yang menyaksikan. Karena, ketika dicocok kan, onggokan metal itu ternyata bagian dari kelima TBF Avenger.

Hilangnya C-119

Kisah ajaib lainnya adalah hilangnya pesawat transpor C-119 Flying Boxcar pada 7 Juni 1965. Pesawat tambun mesin ganda milik AU AS bermuatan kargo ini, hari itu pukul 7.47 lepas landas dari Lanud Homestead. Pesawat dengan 10 awak ini terbang menuju Lapangan Terbang Grand Turk, Bahama, dan diharapkan mendarat pukul 11.23.

Pesawat ini sebenarnya hampir menuntaskan perjalanannya. Hal ini diketahui dari kontak radio yang masih terdengar hingga pukul 11. Sesungguhnya memang tak ada yang mencurigakan. Kerusakan teknis juga tak pernah dilaporkan. Tetapi Boxcar tak pernah sampai tujuan.

“Dalam kontak radio terakhir tak ada indikasi apa-apa bahwa pesawat tengah mengalami masalah. Namun setelah itu kami kehilangan jejaknya,” begitu ungkap juru bicara Penyelamat Pantai Miami. “Besar kemungkinan pesawat mengalami masalah kendali arah (steering trouble) hingga nyasar ke lain arah,” tambahnya.

Seketika itu pula tim SAR terbang menyapu wilayah seluas 100.000 mil persegi yang diduga menjadi tempat kandasnya C-119. Namun hasilnya benar-benar nihil. Sama seperti hilangnya pesawat-pesawat lainnya di wilayah ini, tak satu pun serpihan pesawat atau tubuh manusia ditemukan.

“Benar-benar aneh. Sebuah pesawat terbang ke arah selatan Bahama dan hilang begitu saja tanpa jejak,” demikian komentar seorang veteran penerbang Perang Dunia II.

Seseorang dari Tim SAR mengatakan, kemungkinan pesawat jatuh di antara Pulau Crooked dan Grand Turk. Bisa karena masalah struktur, ledakan, atau kerusakan mesin. Kalau memang pesawat meledak, kontak radio memang pasti tak akan pernah terjadi, tetapi seharusnya kami bisa menemukan serpihan pecahannya. Begitu pula jika pesawat mengalami kerusakan, mestinya sang pilot bisa melakukan ditching (pendaratan darurat di atas air). Pasalnya, cuaca saat itu dalam keadaan baik. Dalam arti langit cerah, ombak hanya sekitar satu meter, dan angin hanya 15 knot.

Analisis selanjutnya memang mengembang kemana-mana. Namun tetap tidak menghasilkan apa-apa. Kasus C-119 Flying Boxcar pun terpendam begitu saja, sampai akhirnya pada tahun 1973 terbit artikel dari International UFO Bureau yang mengingatkan kembali sejumlah orang pada kasus ajaib tersebut.

Dalam artikel ini dimuat kesaksian astronot Gemini IV, James McDivitt dan Edward H. White II, yang justru membuat runyam masalah. Rupanya pada saat-saat di sekitar raibnya C-119, dia kebetulan tengah mengamati wilayah di sekitar Karibia. Gemini kebetulan memang sedang mengawang-awang di sana. Menurut catatan NASA, pada 3 sampai 7 Juni 1965 keduanya tengah melakukan eksperimen jalan-jalan ke luar kapsul Gemini dengan perlengkapan yang dirahasiakan.

Menurut Divitt, dia melihat sebuah pesawat tak dikenal (UFO) dengan semacam lengan mekanik kedapatan sedang meluncur di atas Karibia. Beberapa menit kemudian Ed White pun menyaksikan obyek lainnya yang serupa. Sejak itulah lalu merebak isu, C-119 diculik UFO. Para ilmuwan pun segera tertarik menguji kesaksian ini. Tak mau percaya begitu saja, mereka mengkonfirmasi obyek yang dilihat kedua astronot dengan satelit-satelit yang ada disekitar Gemini IV. Boleh jadi “kan yang mereka salah lihat ? Maklum saat itu (hingga kini pun), banyak pihak masih menilai sektis terhadap kehadiran UFO.

Ketika itu kepada kedua astronot disodori gambar Pegasus 2, satelit raksasa yang memang memiliki antene mirip lengan sepanjang 32 meter dan sejumlah sampah satelit yang ada di sekitar itu. Namun baik dari bentuk dan jarak, mereka menyanggah jika telah salah lihat.

“Sekali lagi saya tegaskan, dengan menyebut UFO “kan tak berarti saya menunjuk pesawat ruang angkasa dari planet lain. Pengertian UFO sangat universal. Bahwa jika saya melihat pesawat yang menurut penilaian saya tak saya kenal, tidakkah layak jika saya menyebutnya sebagai UFO?” sergah Divitt.

Begitulah kasus C-119 Flying Boxcar yang tak pernah terpecahkan hingga kini. Diantara kapal atau pesawat yang raib di wilayah Segitiga Bermuda kisahnya memang senantiasa sama. Terjadi ketika cuaca sedang baik, tak ada masalah teknis, kontak radio berjalan biasa, tetapi si pelintas tiba-tiba menghilang begitu saja. Tanpa meninggalkan jejak sama sekali.

Banyak teori kemudian dihubung-hubungkan dengan segala kejadian di sana. Ada yang menyebut teori pelengkungan waktu, medan gravitasi terbalik, abrasi atmosfer, dan ada juga teori anomali magnetik-gravitasi. Selain itu ada juga yang mengaitkannya dengan fenomena gampa laut, serangan gelombang tidal, hingga lubang hitam (black-hole) yang hanya terjadi di angkasa luar sana. Aneh-aneh memang analisanya, namun tetap saja tak ada satu pun yang bisa menjelaskannya.

About these ads

Actions

Information

45 responses

6 11 2009
rera

kalau diteliti rasanya juga percuma karena pasti lenyap pula..
sebuah fenomena yang ajaib dan aneh..

15 02 2010
Akhmad yusuf

Smua itu rahasia ilahi…!!!
Jgn mMkrkn sesuatu yg tkakn mNgkn bsa kt pcah kan….!!!
“Wawlah hualam”…..!!
Hanya Tuhan yg tau pmlik sgla ap yg ad d’alam smesta…..!!!

18 02 2010
Erna

Disitulah tempat pusatnya setan, bahkan rajanya setan, makanya semua yang mendekati tempat itu pasti akan lenyap bak ditelan bumi. Coba bagi yang bisa melihat dengan mata batin, dilihatlah…

21 03 2010
maurizky

rahasia segitiga bermuda hanya bisa kt cari d’ dalam AL-QUR’AN

7 04 2010
moNic

meNuruT penGetaHuan yanG pernah Saya DenGar buKan nYa naNti biLa aKan MeNJeLang kiAmaT DAJAL itU keLuaR dR seGi tiGa BerMuda Yaa……..?

14 04 2010
nova inda

mNRut sya.. keanehn appn yg ada di bumi ini, semua’a dpat d’pecahkn dengn ILMU PENGETAHUAN..
kenpa tidak??…///
jelas d’ALQURN trtera allah menyurh kta memplajari bumi bserta isi, n k’anehan’a dengan 1 kata ILMU PENGETHUAN yg dpt dperoleh dri alqur’an.. so, mnurt saya untk pa mmbahs unsur ke Irasionalan’a di kasus ini…

lgian sya prnah mndengr bbrapa peneliti mngatakn, bhwa segitiga brmuda d’sekitaran’a mengndung zat metana,, mgkin sja hal ini benr,, pesawat2 yg trhisap itu mgkin krna akibt dri zat yg trkndg ddalm’a trsebt bukn krna hal gaib…//*

18 04 2010
febri ramadhan dinata

kita di dunia ini tidak boeh takut sama siapapapun, karena tragedi2 yang terjadi di segitiga bermuda itu adalah hak kekekuasaan Allah S.W.T. jadi semuanya yang terjadi adalh “takdir” dan takdir itu tidak bisa di hindarkan. karena sudah ada di aris kekuasaan Allah S.W.T.

19 04 2010
jenny

biarlah kisah segitiga bermuda menjadi misteri yg tak kn prnh terungkap…………

23 04 2010
BABY

HMMMMMMMMMMM MUDAH MUDAHAN GAK DA LGI YG MSK K LUBANMG GELAp ityu

2 05 2010
Cumi2

Semua itu adalah rahasia sang pencipta, kunfayakum… Jika Allah berkehendak terjadi maka akan terjadi… Kt manusia hanya dpt berserah diri dn pasrah, bs sj jika Allah berkehendak maka segitiga bermuda akan muncul di perairan indonesia, itu adalah kehendak yg tdk bs dibatalkan oleh siapapun… Jika itu terjadi ikan akan sulit ditemukan…

3 05 2010
niqma

buat monic

yang bilang DAjAl kluar dari sana Siapa?

10 05 2010
aFriani

SEEEEEEEEEEEERRRRRRRReeeeeeeeeeemmmm juga yahhhhhhh

18 05 2010
bayu satria

MUNGKIN SAJA PINTU PEMISAH ANTARA DUNIA NYATA DAN ALAM AKHIRAT?

19 05 2010
bixzoe

semua hanya bisa dipecahkan dengsn kekuatan akal dan hati.

24 05 2010
aidan

hai

25 05 2010
Pipi

Heum..seharusnya hal smcm ini mbwt kita trntang utk trz mnelitiny dg ilmu pengetahuan,tp jgn lp jg bhw hal ghaib it ad dn Alloh swt yg pzt mngethuiny..dan yg plg mnguntungkn,jdikan hal misteri sprt in utk mnmbah iman qt..shngga qt dpt mmasuki surgany,,dn pd Alloh qt bs mdpat jwbn dr sgala yg qt tany.Allohuakbar!

Eh,Dajjal g dtg dr bermuda,,Dajjal mncul dr daerah timur tengah,,kayanya

26 05 2010
fred

hya dia yg tahu smua ini hya milik yang maha kuasa

4 06 2010
"Alvin"

SeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeRRReeem…………!!!

BiarLah,, Semua Tu hanya ALLAH…. Yg tao kok….. :P..

9 06 2010
santy

pa bnar sgtiga brmuda brasal dri krajaan yg tngglam?

13 06 2010
Ade_riyan

Hanya ALLAH yang tahu WALLAHUALAM

13 06 2010
Ade_riyan

Hanya ALLAH yang tahu, WALLAHUALAM

23 06 2010
annisa

ya…….. MunGkIn Za aLLah mE,ang mENAKdiRKN SpT 2.
Wallahu a’lam bis showaF

26 06 2010
m.nur

legenda yang ‘menyeramkan’. untung…2 bukan di indonesia.
dan ku dengar di dasar laut itu, terdapat piramida
yang beSaRnya mElEbihi pir****a yg ada di mesir,
dan di atas nya terdapat lubang, yg dapat membuat ombak laut
yang sangat besar….
tapi apa ya, yang ada didalamnya????????????????
Yang Tau Pasti ALLAH saja, WALLAHUALAM.

6 07 2010
isal

segitiga bermuda itu tempat setan 2…………
biarlah sang kuasa mengatur :) :( :D

6 07 2010
isal

3:) adalah aaaaaapppppppppiiiiiiii

8 07 2010
Marvel anugrah

Emgx knp tdk ditau ki rahasiax!! Pdhl z penasaran.

20 07 2010
aksan

hi juga

13 09 2010
wahyu

segitiga bermuda memang rahasia ilahi tpi tak ada yang tidak mungkin kalau kita mau berusaha

18 09 2010
lian

menurut saya i2 t4 iblis
krna saya pernah membaca ciri2 iblis
iblis itu hidup diatas air
ttapi itu hnya allah yg tau
wallahhuallam

6 10 2010
Vilia

Ajaib, q jadi pengen lihat !!!

15 10 2010
kallistakarin

banyak juga yah kejadia kejadian aneh di dunaia ini?!

4 12 2010
doni garpu

jadi pingin ke sana ..

4 12 2010
tahul lele

Semua itu adalah rahasia sang pencipta, kunfayakum… Jika Allah berkehendak terjadi maka akan terjadi… Kt manusia hanya dpt berserah diri dn pasrah, bs sj jika Allah berkehendak maka segitiga bermuda akan muncul di perairan indonesia, itu adalah kehendak yg tdk bs dibatalkan oleh siapapun… Jika itu terjadi ikan akan sulit ditemukan…
Smua itu rahasia ilahi…!!!
Jgn mMkrkn sesuatu yg tkakn mNgkn bsa kt pcah kan….!!!
“Wawlah hualam”…..!!
Hanya Tuhan yg tau pmlik sgla ap yg ad d’alam smesta…..!!!

5 12 2010
nurlez

seremmmmmmmmmmmmmmmmmm

smoga ALLAH menyelamatkan kita
amien><,,,,,,,,,,,

6 12 2010
ADEL

AIIAH SELALU MENGETAHUI rahasia DI BALIK SESUATU

6 12 2010
ADELINA

KITA HARUS SLALU BERPEDOMAN PADA KEBENARAN DAN KEYAKINAN,BAHWA ALLAH SWT MENCIPTAKAN DAN MENJADIKAN SESUATU PASTI ADA HIKMAHNYA

14 12 2010
SELVI

mnrut aq to smua terjadi cozz atas ijin Allah SWT , apapun tang terjadi tooo atas kehendakhya,
dan apapun itu kita ruzzz tau dan paham banget tas kjadian too….

14 12 2010
naufal

hanya allah swt yang tau

31 12 2010
Perdana taat agama

rahasia ini mungkin di sembunyikan oleh allah,mungkin di segitiga bermuda itu banyak sekalikeanahan yang tak terduga,karena setiap barang melintas hilng dan hilangnya tanpa jejak itu men jadi misteri ilahi

3 01 2011
Awan

ANTARA ADA DAN TIADA
Sesuata hal yang kadang membuat qta tercengang akan suatu fenomena alam
gak ada yang perlu di takuti karena sesungguhnya manusia adalah ciptaan yang paling sempurna.
sebuah kejadian kisah nyata adalah sesuatu yang real karena kita hidup di dunia yang meyakini bahwa tuhan itu ada dan yang menciptakan dunia.
bersukurlah jika suatu saat kita menyaksikan fenomena alam yang luar biasa…….^_^

3 01 2011
wawat

Sebagai manusia hal tersebut bisa di jadikan sebuah pembelajaran,bahwa begitu besar dan dahsyatnya kekuatan yang menciptakan hal tersebut.karena tidak ada sesuatu yang luput dari pandangannya melainkan mempunyai maksut mengapa hal tersebut diciptakan….

19 01 2011
Fathur Radhy

dngar2 yea segi tiga bermuda to adalah desa dimana t4 lahir saibaba (dajal) yg tngglam krna akibat perbuatan saibaba dan di tngglam khan oleh ALLAH S.W.T . .

21 01 2011
Rafi sudrajat

Segitiga bermuda adalah kerajaan syetan/iprit, musuh nabi ADAM Dan manusia. Yang berada di alam gaib. Di sana mereka mengatur strategi untuk menyesatkan umat islam. Mereka mmiliki bala tentara, pasukan2 y9 siap melaksanakan tugas nya masing masing. Untuk menggoda menjerumuskan umat manusia.

17 02 2011
rezqy

mungkin inilah tanda2 akhir zaman, yg pnting qta bnyakin ibadah z,…

21 02 2011
raras

apa mungkin piring terbang itu milik orang atlantis ?

soal nya yag saya tau ada alat terbang milik orang atlantis yang bentuk nya seperti piring terbang

semoga cepat terungkap
amin ya allah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: