Sakit Kepala : Penyakit Otak & Syaraf

10 11 2008

Sakit Kepala merupakan masalah kesehatan yang paling sering terjadi. Beberapa orang sering mengalami sakit kepala, sedangkan yang lainnya hampir tidak pernah merasakan sakit kepala.

Sakit kepala menahun dan sakit kepala kambuhan bisa terasa sangat nyeri dan mengganggu, tetapi jarang mencerminkan keadaan kesehatan yang serius. Suatu perubahan dalam pola atau sumber sakit kepala (misalnya dari jarang menjadi sering, sebelumnya ringan sekarang menjadi berat) bisa merupakan pertanda yang serius dan memerlukan tindakan medis segera.

Sebagian besar sakit kepala merupakan ketegangan otot, migren atau nyeri kepala tanpa penyebab yang jelas. Sakit kepala banyak yang berhubungan dengan kelainan di mata,hidung, tenggorokan, gigi dan telinga. Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan perasaan berdenyut di kepala, tetapi tekanan darah tinggi jarang menyebabkan sakit kepala menahun.

Biasanya dokter bisa menentukan penyebab sakit kepala dari riwayat kesehatan penderita dan hasil pemeriksaan fisik. Kadang dilakukan pemeriksaan darah untuk menentukan penyebabnya.

Fungsi lumbal (pengambilan sejumlah kecil cairan dari kolumna spinalis untuk diperiksa dibawah mikroskop) dilakukan jika diduga penyebabnya adalah suatu infeksi (misalnya meningitis).

Hanya sebagian kecil sakit kepala yang disebabkan oleh tumor otak, cedera otak atau berkurangnya oksigen ke otak. Jika diduga suatu tumor, stroke atau kelainan otak lainnya, maka dilakukan pemeriksaan CT scan atau MRI.


Membedakan Sakit Kepala
.

Jenis atau Penyebab Ciri Khas Pemeriksaan Diagnostik
Ketegangan otot Sakit kepala sering terjadi
Nyeri hilang timbul, tidak terlalu berat & dirasakan di kepala bagian depan & belakang, atau penderita merasakan kekakuan menyeluruh
Pemeriksaan untuk menyingkirkan penyakit fisik
Penilaian faktor psikis & kepribadian
Migren Nyeri dimulai di dalam & di sekitar mata atau pelipis, menyebar ke satu atau kedua sisi kepala, biasanya mengenai seluruh kepala tetapi bisa hanya pada satu sisi kepala, berdenyut & disertai dengan hilangnya nafsu makan, mual & muntah Jika diagnosisnya masih meragukan & sakit kepala baru terjari, dilakukan CT scan atau MRI atau diberikan obat migren untuk melihat efeknya
Sakit kepala cluster Serangannya singkat (1 jam)
Nyeri sangat hebat & dirasakan di satu sisi kepala
Serangan terjadi secara periodik dalam sebuah kelompok (diselingi periode bebas sakit kepala) & terutama menyerang pria
Disertai dengan pembengkakan mata, hidung meler & mata berair pada sisi yg sama dengan nyeri
Obat migren diberikan untuk melihat efeknya (misalnya sumatriptan, metisergid atau obat vasokonstriktor, kortikosteroid, indometasin atau menghirup oksigen
Tekanan darah tinggi
(hipertensi)
Jarang menyebabkan sakit kepala, kecuali pada tekanan darah tinggi yg berat karena adanya tumor di kelenjar adrenal
Nyerinya berdenyut & dirasakan di kepala bagian belakang atau di puncak kepala
Analisa kimia darah, pemeriksaan ginjal
Kelainan mata
(iritis, glaukoma)
Nyeri dirasakan di kepala bagian depat atau di dalam & di seluruh mata, bersifat sedang sampai berat & seringkali memburuk jika mata dalam keadaan lelah Pemeriksaan mata
Kelainan sinus Nyeri bersifat akut atau subakut (tidak menahun), dirasakan di kepala bagian depan, bersifat tumpul atau berat & biasanya memburuk di pagi hari, membaik di siang hari & memburuk dalam keadaan dingin atau lembab Rontgen sinus
Tumor otak Nyeri baru dirasakan, hilang-timbul, bersifat ringan sampai berat, dirasakan di satu titik atau di seluruh kepala
Kelemahan di salah satu sisi tubuh semakin meningkat, kejang, gangguan penglihatan, kemampuan berbicara hilang, muntah, perubahan mental
MRI atau CT scan
Infeksi otak
(abses)
Nyeri baru dirasakan, hilang-timbul, bersifat ringan sampai berat, dirasakan di satu titik atau di seluruh kepala
Sebelumnya penderita mengalami infeksi telinga, sinus atau paru-paru atau penyakit jantung rematik atau penyakit jantung bawaan
MRI atau CT scan
Infeksi pada jaringan di sekitar otak
(meningitis)
Nyeri baru dirasakan, menetap, berat & dirasakan di seluruh kepala, menjalar ke leher
Penderita tampak sakit, disertai demam, muntah & sebelumnya mengalami nyeri tenggorokan atau infeksi pernafasan, leher sulit ditekuk
Pemeriksaan darah, pungsi lumbal
Hematoma subdural Nyeri baru dirasakan, hilang-timbul atau terus menerus, bersifat ringan sampai berat, bisa dirasakan di satu titik atau di seluruh kepala, menjalar ke leher
Sebelumnya telah terjadi cedera, bisa disertai penurunan kesadaran
MRI atau CT scan
Perdarahan subaraknoid Nyeri baru dirasakan, menyebar, hebat & menetap, kadang dirasakan di dalam & di sekitar mata, kelopak mata turun MRI atau CT scan, jika hasilnya negatif dilakukan pungsi lumbal
Sifilis
Tuberkulosis
Kriptokokosis
Sarkoidosis
Kanker
Nyeri bersifat tumpul sampai berat & dirasakan di seluruh kepala atau di puncah kepala
Demam tidak terlalu tinggi dan terdapat riwayat sifilis, tuberkulosis, kriptokokosis, sarkoidosis aatau kanker
Pungsi lumbal
Actions

Information

13 responses

15 04 2009
Mahmudi Hambali

Bgm kl kuping saya sudah 3 thn & berobat ke tht di berikan obat tidak ada hasil lalu dirujuk ke Ahli syaraf & sdh diberikan bermacam obat namun sampai sekarang belum ada perubahan dari dr tht terakhir memberikan saran akan di adakan tindakan operasi karena di ct scan hasil normal di berikan obat tidak kunjung selesai jadi menurut dr harus bagimana ini. karena kuping dengung & kepala sakit bagian belakang sakit sepanjang hari /malam

29 08 2009
Sakit Kepala – Otak & Syaraf » much Yusron onLine

[...] source : yuxie.wordpress.com [...]

11 09 2009
ime

saya mau tanya… sakit kepala saya ini sudah saya rasakan selama 4 thn. Dulu memang agak jarang kambuh, tapi setahun belakangan ini makin sering. Bahkan yang paling parah 2 minggu ini full terasa sakitnya tiap hari. Setiap sakitnya kambuh tubuh jadi lemah sekali bahkan sampai muntah. Yang parahnya saya sampai tidak bisa membuka mata karena sakitnya saya rasakan sampai ke mata. Saya selalu merasa ketika ada bagian kepala berdenyut di belakang maka itu yang lalu menimbulkan rasa sakit yang luar biasa…

4 12 2009
Echy sonic

saya pernah mengalami kecelakaan dan jatuh terbentur di daerah kepala kiri, sempat menjalani rawat inap dan dikatakan lidah saya jatuh kdalam, ketika kondisi tidak sadar. beberapa tahun kemudian saya mulai sering mengalami sakit yang awalnya hanya terasa ngilu kemudin terus meningkat hingga beberapa menit & terasa sakit yg hebat pada kepala kiri saya… setelah sekitar 5thn saya rasakan… kondisi badan saya makin turun, & awalnya sangat jarang menderita sakit apa apun menjadi sering sakit… bila terkana flu… proses penyembuhan sangat lama. pada tahun k6 saya melakukan chek up.. CT SCAN, MRI..Chek darah & semua pemeriksaan yg menunjang dan dirawat inap selama 8 hari… selama masa perawatan nafsu makan drastis menurun dan hampir tidak pernah makan… dari Dokter yg merawat saya menyatakan bahwa yg saya derita adalah CHELVALGIA VASKULER… saya akan mengalami rasa sakit itu bila, kurang istirahat yg pasti. terkena sinar matahari bila suhunya sangat panas. terlalu banyak pikiran… saya tidak mendapat penjelasan secara terperinci dari Dokter yg menangani saya… saya harus mengonsumsi obat secara terus menerus tetapi bila saya konsumsi saya merasa ketergantungan.. dan mlas melakukan apa2… jd bila sakit tidak tertahan baru saya konsumsi…. nama obatnya FREGO…CAFERGOT…. sebenarnya apa sih yg saya derita………..

9 02 2010
henny

saya mau bertanya,apakah sakit kepala yang sangat sakitnya berlebih,bisa menyebabkan kebutaan?

14 02 2010
zeni

kepala bagian belakang terbentur benda keras,sakitnya msih terasa sampai 2minggu nggak sembuh-sembuh……???????????
apakah ada satu kemungkinan..??
bahaya apa nggak,??

15 03 2010
dita

sekarang saya sering sakit dari bahu,gigi,telinga,tulang pipi sampai kepala sebelah kiri.apa ini diagnosa sinusitis/migren.cara pengobatan apa yang paling baik?thanks

10 05 2010
untung riyadi

saya sering mengalami keringat dingin di muka sebelah kanan . dan sering mengalami sakit kepala , apa yang terjadi dengan saya …. tolong jawabannya terima kasih

19 05 2010
Rosa

saya sering mengalami sakit kpl, kpl blkg saya sering panas, sekali setahun saya mengalami migren, awalnya mata saya berkunang-kunang kemudian menyebar ke mata sebelah lagi sampai mengakibatkan mual dan ada rasa ingin muntah,, sebenarnya apa sich yang terjadi pada diri sya??

3 06 2010
agus rahmanto

saya mau sharing dong sama siapa aja yang mungkin punya solusi,saya punya keluhan sakit kepala migrain sebelah kiri,awalnya durasinya agak jarang tp belakanga semakin sering dan itu cukup menyiksa sekali bg saya ,barang kali ada yang punya solusi tolong dong bagi2 info sebagai catatan sy sdh sering ke dokter tp menurut dokter secara umum tidak di temukan kelainan ,dan menurutnya hanya karena paktor kelelahan dan tingkat stress tp sy rasakan hal itu bg saya biasa2 aja ok thank sebelunya

11 06 2010
febi febriani

saya mulai mengalami sakit kepala mulai dari akhir tahun 2004 ketika saya duduk dibangku kelas X sma,,, awalnya rasa sakit ini sangat jarang, dan saya mengabaikan rasa sakit itu.. tapi beberapa tahun kemudian tepatnya setelah saya baru lulus sma rasa sakitnya mulai bertambah dan intensitasnya menjadi lebih sering, rasa sakit yang saya alami adalah di kepala bagian belakang, jika rasa sakit mulai menyerang kadang saya tidak bisa melakukan apa2,, apa lagi kalau terkena matahari langsung,…

17 02 2011
inuzhi

mengapa sakit di kepala itu sangat menyiksa ya…..lebih2 sangat nyeri,sakit nya sampai ke punggung dan bahu…dulu saya p-ernah jatuh terpeleset di tangga,dan kepala saya terkena ujung anak tangga,itu tahun 2005,2 th kemudian saya ct scan,tetapi tidak di temukan penyakit apa2,di otak saya…sekarang saya setiap hari sy merasakan sakit kepala,apalagi ketika malam dan pagi hari….sakit kepala saya ini nyeri2 di urat syaraf nya….mudah2an tidak terkena penyakit gawat….yaa…semuanya saya serahkan kepada Tuhan…karena kesembuhan ada padanya…amieenn…..

1 03 2011
alaisyah

maaf..sy ingin bertanya..sy sering sakit kepala dibahagian belakang..tp,lama kelamaan sakit itu mula terasa pada otak kiri sy…malah dua tiga hari nie..tangan sy sering kejang bila sy sakit kepala…sy tidak boleh focus pada sesuatu pkr…malah symenjadi lupa..sedangkan sy bruletak sesuatu barang itu pdsesuatu posisi..tp,sy xingt.. pandangan sy jd kabur… adakah ianya cumasakit biasa???

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

