Stress..Go Away….

2 09 2008

Dalam kehidupan modern setiap hari sarat dengan segala tuntutan dan permasalahan, ditambah berbagai beban hidup, membuat stress sepertinya jadi sesuatu yang tidak terelakkan. Tekanan demi tekanan yang datang, apabila dibiarkan akan sangat mengganggu secara psikologis. Sebelum kondisi menjadi parah, simak beberapa langkah untuk menghilang stres.

Ambil Jeda. Saat anda menyadari mulai merasakan tekanan, hentikan apapun yang sedang anda kerjakan dan katakan dalam hati pada diri anda sendiri untuk tenang.

Tarikan nafas dalam-dalam dan hembuskan dengan perlahan, konsentrasikan pada gerakan diafragma anda. Lakukan ini dua atau tiga kali hingga anda mulai merasa terkendali.

Redakan ketegangan. Jika anda sedang duduk, berdirilah dan lakukan perenggangan yang lembut selebar yang anda mampu. Gerakan tangan dan lengan anda secara bergantian. Lalu angkat bahu agar tubuh anda merasa rileks.

Bergeraklah. Lakukan jalan cepat, meski itu hanya jalan-jalan di seputar ruangan atau kamar mandi. Hal ini dilakukan karena akan membantu melancarkan aliran darah. Bergerak secara teratur ini dapat membantu membakar efek negatif dari hormon stress.

Berteriak dan menjerit. Pergilah ke sebuah tempat yang pribadi dan menjerit atau berteriak sekeras yang anda bisa. Hal ini bisa dilakukan untuk terapi pereda stress. Beberapa orang berhasil meredakan stres dengan memukul bantal sekeras mungkin, anda bisa mencoba hal ini.

Terapi esensial bunga. Letakan beberapa tetes sari bunga, seperti Bach Rescue Remedy, Jan de Vries Emergency Essence atau Australian Bush Flower Emergency Essence, di lidah anda. Dengan rasa bunga tersebut, anda akan merasa kenyamanan dan ketenangan.

Berpikirlah positif. Pilihlah sesuatu yang layak, sebuah pemikiran pribadi yang positif. Cobalah rasakan tekanan positif bukan stres yang negatif dan katakan hal itu pada diri anda sendiri.

Santap makanan sehat. Jalani diet makanan sehat dan jangan tergoda untuk makan berlebih. Santap makanan kecil yang sehat, seperti buah kering, biskuit gandum untuk membantu memperbaiki kadar gula anda.

Dengarkan musik. Mendengarkan irama musik yang lembut dapat membantu anda lebih tenang. Suara alam seperti rekaman debur ombak, kicau burung atau suara air yang mengalir sangat ideal.

Belajarlah untuk bersikap lebih tegas untuk diri sendiri. Berkata ‘Tidak’ untuk permintaan yang tidak masuk akal akan membantu anda mengurangi tekanan.

Terorganisir. Mulai atur kehidupan dan waktu anda secara efektif. Buatlah prioritas sehingga anda dapat mengatasi tekanan dalam satu waktu.

Berilah pujian pada orang lain. Buatlah sebuah poin dengan memberi pujian secara tulus pada orang lain di sekitar anda. Jika anda mampu membuat mereka merasa nyaman dengan diri sendiri maka akan memberi efek positif pada anda juga.

Tertawa. Tonton komedi, tertawalah bersama teman anda atau kunjungi website yang khusus menyediakan lelucon. Tertawa merupakan penawar luar biasa bagi stress.

Temukan ketenangan dari dalam. Visualisasi atau meditasi bisa membantu anda menemukan sebuah ketenangan dari dalam pada saat di sekeliling anda dipenuhi tekanan dan kegaduhan.

Konsumsi Vitamin dan Suplemen. Konsumsi vitamin B dan antioksidan semacam vitamin C, E pada saat-saat penuh tekanan. Suplemen probiotik dapat juga membantu anda mengatasi stress. Semoga berhasil.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: