Kenali Tanda-Tanda Pengasuh yang Baik

3 09 2008

Mencari pengasuh anak yang terlatih dan bisa dipercaya memang susah-susah gampang. Jika Anda dan suami sama-sama bekerja, mencari pengasuh yang terpercaya sebuah keharusan. Lantas, bagaimana menemukan pengasuh yang terbaik?

“Pengalaman tentu saja menjadi pertimbangan utama,” kata Mary O’Connor, Presiden dari International Nanny Association di Amerika. Pertimbangan lainnya, pengasuh harus mendapatkan pelatihan yang memadai karena menentukan tumbuh-kembang anak yang akan diasuhnya.

Saat Anda menemukan seorang kandidat, buatlah masa percobaan beberapa hari selama Anda di rumah, jadi Anda bisa melakukan observasi langsung (tentu saja selama kurun waktu itu dia dibayar!).
Untuk memudahkan Anda, berikut ada sejumlah daftar yang bisa Anda pakai sebagai bahan evaluasi bagi calon pengasuh anak, atau bagi mereka yang sudah punya pengasuh:
1. Anak Anda langsung suka padanya
Saat pertama bertemu sang calon pengasuh, muka anak kelihatan gembira. Anak akan suka jika pengasuh ini berkepribadian hangat, perhatian dan sabar. Anda sangat beruntung jika ternyata si pengasuh memiliki ketiganya. “Saya suka sekali dengan pengasuh saya,” kata Toni, seorang insinyur. “Bahkan jika dia bukan pengasuh saya, saya akan senang menjadi temannya.”
2. Anak Anda tak henti-hentinya bercerita mengenai pengasuhnya
Anak akan merasakan jika pengasuh menjaganya dengan kasih sayang. Cinta itu akan bersinar sepanjang dia mengasuh anak Anda.
3. Punya ide kreatif
Pengasuh yang baik akan memiliki solusi kreatif atas masalah dan bekerjasama dengan Anda untuk melakukan perawatan terbaik bagi anak. Jika anak Anda suka memainkan cat, pengasuh yang kreatif akan menemukan barang yang akan dipakai ‘berkarya’ anak Anda. Jika anak tak mau tidur, pengasuh akan menelpon Anda, minta nasihat. Ini pertanda jelas pengasuh bekerja secara serius, baik saat berinisiatif atau berkolaborasi dengan Anda.
4. Datang tepat waktu
Jika pengasuh tak ikut menginap di rumah, dia akan datang tepat waktu. Hal lain yang bisa diandalkan: dia akan mengabari Anda jika berhalangan datang karena masalah darurat, dan berusaha mencarikan pengganti. Dia memahami kebutuhan Anda dan menghormati kontrak, jika mungkin ada.
5. Dia berupaya menjalin hubungan
Pengasuh yang baik akan selalu berupaya menjalin hubungan, misalnya akan memberitahu Anda aktivitas setiap harinya, lewat tulisan di memo, atau bahkan membuat laporan harian. Bahkan tanpa diminta! Dia akan berusaha menginformasikan mengenai anak Anda, memberitahukan setiap masalah, besar atau kecil.
6. Anak Anda bangga padanya
Pengasuh terbaik akan sangat peduli kepada sifat anak yang selalu ingin tahu segala hal. Meski dengan kemampuan terbatas, pengasuh yang baik akan mencoba menjawab setiap pertanyaan dari anak Anda, dan berusaha mempelajari sesuatu yang baru untuk memperkaya pengetahuan. Karena aktivitas yang dilakukan bersama pengasuh amat menyenangkan, anak Anda dengan senang hati akan menceritakannya berulang-ulang.
7. Kamar anak bersih, demikian juga anak
Perawatan yang mengesankan adalah yang memperhatikan kebersihan dan kesehatan. Pengasuh yang baik akan memperhatikan masalah hygiene pada anak, jika dia benar-benar menganut pola hidup sehat dalam dirinya.
8. Keselamatan adalah prioritas
Seorang pengasuh yang baik akan memprioritaskan keselamatan di urutan teratas, baik di rumah maupun di jalan. Dia akan menggandeng anak saat menyeberang jalan dan memasang sabuk pengaman buat si kecil saat berkendara.
Nah, sekarang amatilah. Apakah calon pengasuh anak atau pengasuh yang sudah ada memiliki ciri-ciri tersebut di atas? Jika ya, selamat! Anda bisa bekerja dengan rasa aman, karena anak Anda di tangan orang yang layak diandalkan…

Sumber : http://www.hanyawanita.com/_mother_child/parenting/article.php?article_id=2430


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: