Si Kecil Tak Bisa Berhenti Menghisap Jari?

3 09 2008

Menghisap jari adalah sesuatu yang alami dilakukan oleh bayi, bahkan sejak Ia di dalam kandungan. Para ahli mengatakan bahwa menghisap jari merupakan reaksi refleks bayi saat merasa tegang dan mencari kenyamanan. Tetapi bagaimana jika kebiasaannya ini terus terbawa hingga Ia memasuki usia balita? Bagaimana cara menghentikannya?
Pada umumnya kebiasaan menghisap jari ini akan menghilang ketika anak berusia 2 sampai dengan 5 tahun. Namun pada dasarnya kebiasaan ini harus segera dihentikan begitu gigi-gigi serinya mulai tumbuh antara usia 4 sampai dengan 5 tahun.

Bagaimana Cara Menghentikannya?
Sebenarnya menghentikan kebiasaan si kecil menghisap jari tidak terlalu sulit, karena ketika Ia mulai belajar mandiri di usia balita, fokusnya akan terbagi ke dalam banyak hal dan Ia pun akan mulai banyak melakukan kegiatan yang menarik perhatiannya. Alihkan saja perhatiannya dengan beragam aktivitas seru yang memancing daya kreativitasnya. Perlahan namun pasti kebiasaan itu akan hilang, walaupun mungkin menjelang tidur atau ketika sedang marah Ia akan tetap melakukannya Anda harus tetap sabar membimbingnya dan mengatakan bahwa kebiasaan itu tidak baik jika terus Ia lakukan.
Yang penting untuk Anda ingat sebagai Ibu adalah jangan terlalu memaksakan anak untuk segera menghentikan kebiasaan menghisap jarinya. Memaksa bukanlah cara yang tepat untuk memotivasi seorang anak. Lakukan dengan perlahan, misalnya biarkan Ia tetap menghisap jarinya ketika malam hari selama beberapa saat namun pada siang hari padatkan kegiatannya agar fokusnya terbagi ke dalam beragam aktivitas seru dan bermanfaat.

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: