Ubah Si Pemalu Menjadi Si Pemberani

3 09 2008

Buah hati Anda termasuk anak yang pemalu? Bila iya, Anda harus merubahnya secara perlahan. Masalahnya, sifat pemalu itu merupakan sumber dari rasa tidak percaya diri. Tentu Anda tidak ingin anak Anda sampai besar terus-terusan sulit untuk membuka diri dan kerap dihantui oleh “demam panggung” kan?

Tips Cermat Hadapi Anak Pemalu:

1. Jangan Mengungkit
Artinya jangan bicarakan secara terus terang apalagi meledek anak tentang sifat pemalunya. Anak yang pemalu jika di “buka” seperti itu justru akan semakin merasa rendah diri.

2. Pahami Potensi Anak
Sebagai Ibu, tentu Anda dapat melihat bakat dan minta apa yang bisa dikembangkan oleh si kecil. Apabila bakat dan minat tersebut dapat berkembang menjadi suatu prestasi, pasti lambat laun kepercayaan dirinya pun akan tumbuh seiring dengan keberhasilannya. Jangan lupa sesekali berikan motivasi melalui pujian.

3. Ajak Bersosialisasi
Secara rutin, ajaklah buah hati berkunjung dan berkumpul bersama dengan keluarga lain atau teman sebayanya. Bergabung dengan suatu organisasi atau mengikuti les dan olahraga dapat menjadi alternatif yang sangat positif. Dengan sering menghabiskan waktu dengan lingkungan sosialnya, itu akan semakin memancing kreatifitasnya dan juga kemampuan komunikasi verbalnya.

4. Orang Tua Sebagai Cermin
Jangan pernah menunjukkan sikap tidak percaya diri di depan anak. Pasalnya, anak bisa dengan mudah meniru perilaku orang tuanya.

5. Lakukan Secara Bersama
Jangan lepas anak secara instan demi mendapatkan rasa percaya dirinya. Misalkan saat Anda memerintahkan anak untuk berbicara kepada pelayan di toko, ikutlah bersamanya lalu biarkan anak bicara. Apabila anak terlihat gugup, bantu Ia berbicara dan biarkan Ia melihat dan menilai sendiri sikap percaya diri yang diperlihatkan oleh ibunya.(Nae)

Sumber : http://www.hanyawanita.com/_mother_child/parenting/

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: