Balance of LIFE

6 09 2008

Mat. 6:33 Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.Ayat ini seringkali disalahgunakan dengan mengartikan Kerajaan Allah sama dengan pelayanan. Tidak salah, tapi kebenarannya tidak utuh. Mencari Kerajaan Allah adalah mencari kehendak Allah dalam tiga aspek hidup kita: keluarga, pelayanan dan pekerjaan.

Saat kita melakukan kehendak Allah, kita akan mengalami penambahan berkat.

Sebaliknya, jika kita tidak melakukan prinsip Kerajaan Allah, kita akan mengalami ketimpangan. Mungkin kita sukses dalam pelayanan, tapi saat pulang ke rumah, kita tidak menjadi gembala bagi keluarga.

Bagaimana agar kita memiliki keseimbangan hidup?

Pertama, sadari bahwa hidup kita seperti sebuah tong. Setiap kali kita melakukan sesuatu yang baik, seperti berdoa, merenungkan Firman, melakukan hobi, air pun memenuhi tong. Tapi saat kita melayani, memberi konseling, bekerja keras, air itu mengalir keluar. Saat kita terlalu sibuk, lupa istirahat, bahkan lupa berdoa, hidup akan menjadi tidak seimbang, dan akhirnya kita mengalami kekeringan.

Kita hanya punya waktu 24 jam yang harus dibagi untuk tiga bagian besar dalam hidup kita. Namun keseimbangan bukan soal 24 jam dibagi 3, namun bagaimana kita mengatur titik berat ketika salah satu dari ketiga hal di atas sedang membutuhkan perhatian kita.

Kedua, temukan sahabat yang bisa menjadi ‘tong sampah’, tempat kita bercerita.

Terakhir, tekun mencatat jurnal sebagai pengingat akan perjalanan hidup kita. Saat kita lemah dan membaca catatan pekerjaan tangan Tuhan dalam hidup kita, kita akan memperoleh kekuatan.

Selamat hidup seimbang.

Sumber : http://www.a2gcommunity.org

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: