Kopi dan Teh dapat Memperlambat Risiko Stroke pada Pria Perokok

6 09 2008

Sebuah studi baru menemukan bahwa pada pria perokok, minum kopi dan teh dapat menurunkan risiko stroke yang disebabkan oleh penghambatan. Dr. Susanna C. Larson dari Karolinska Institute, Swedia dan koleganya menjelaskan di dalam jurnal Stroke Juni 2008 bahwa konsumsi kopi dan teh dapat berpotensi menurunkan risiko stroke karena minuman ini mempunyai sifat-sifat antioksidan.

Tim Larsson menguji kaitan antara konsumsi kopi dan teh dengan risiko berbagai tipe stroke seperti pendarahan serebral dan pendarahan sub-arakhnoid, keduanya adalah stroke yang disebabkan oleh pendarahan di dalam otak. Infark serebral adalah tipe stroke lebih umum yang disebebkan penyumbatan arteri yang menyuplai darah ke dalam otak. Tipe stroke ini sering disebabkan oleh penebalan dinding arteri arteri (aterosklerosis) .

Studi ini melibatkan 26.556 pria Finlandia perokok yang berpartisipasi dalam studi besar pencegahan kanker dimana diperoleh informasi mengenai diet, termasuk minum teh dan kopi, pada awal studi.Tidak seorangpun pria mempunyai riwayat stroke.

Selama studi diikuti 13,6 tahun, terjadi 2.702 infark serebral, 383 pendarahan intraserebral, 196 pendarahan subarakhnoid dan 84 stroke tidak spesifik.

Setelah memperhitungkan umur dan adanya faktor-faktor risiko, para peneliti menemukan bahwa pria yang minum 8 cangkir atau lebih kopi tiap hari memiliki 23% risiko lebih rendah mengalami infark serebral dibandingkan yang minum kurang dari 2 cangkir kopi setiap hari. Pria yang minum 2 cangkir atau lebih teh setiap hari mempunyai 21% risiko stroke lebih rendah dibandingkan pria yang tidak minum teh. Tidak ada kaitan antara konsumsi kopi dan teh dengan pendarahan intraserebral dan subarakhnoid.

Para peneliti menyimpulkan bahwa konsumsi kopi dan teh dapat mengurangi risiko infark serebral pada pria, tidak bergantung pada faktor risiko kardiovaskular yang diketahui. Efek bermanfaat konsumsi kopi dan teh terhadap infark serebral adalah mungkin secara biologis karena kopi dan teh mengandung bahan yang bersifat antioksidan yang dapat mencegah aterosklerosis. Temuan ini akan dikonfirmasi pada wanita dan pada orang bukan perokok.

Sumber : http://apoteker-online.blogspot.com


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: