Berdoa dapat membantu pengobatan

7 09 2008

Saat ini sebuah studi yang dilakukan oleh para ilmuwan di Brandeis University dan University of Buffalo-SUNY bagian onkologi dan hematologi anak melaporkan bahwa sementara ahli onkologi anak mengatakan bahwa mereka spiritual dan beberapa membuka hubungan dengan keluarga yang anaknya sangat sakit melalui agama dan secara spiritual, mereka secara khusus kurang dilatih pelayanan formal yang dapat membantu mereka membangun jembatan semacam itu.

Secara meningkat, agama dan spiritual telah dikenal sebagai hal penting dalam pelayanan pasien-pasien kritis dan kita tahu sejumlah orang tua menggambarkan sumber-sumber seperti ini untuk menanggulangi penyakit anak-anak mereka, kata Wendy Cadge, seorang ahli sosial dari Brandeis. Atudi baru ini menjelaskan bahwa kita harus memberikan pelatihan untuk membantu para dokter berhubungan secara spiritual dengan keluarga yang sedang menghadapi penyakit mengancam jiwa seperti kanker.

Studi mensurvei 75 ahli onkologi dan hematologi anak dari 13 rumah sakit elit berdasarkan ranking US News & World Report yang diberi penghargaan. Temuan mereka termasuk :

93,3% dokter yang disurvey meningkat tradisi religiusnya; 13% protestan; 25% Katolik; 25,7% Yahudi dan 10,8% lain-lain.

Mayoritas melaporkan bahwa agama sangat penting (25,7%) atau cukup penting (48,6%) di dalam keluarga ketika mereka besar.

24,3% dokter mengaku dirinya penganut yahudi; 20,3% tidak punya agama yang dianut; 17% penganut Katolik; 17% penganut Protestan; hampir 15% diidentifikasi beragama yang lain.

47,3% menggambarkan diri mereka sedang atau sangat spiritual; 37,8% menggambarkan diri mereka sedikit spiritual; 13,5% menggambarkan diri mereka tidak spiritual sama sekali.

Lebih dari separuh responden mengatakan kepercayaan spiritual atau agama mempengaruhi beberapa interaksi mereka dengan keluarga, pasien dan koleganya, sedangkan hampir 40% tidak demikian.

Menurut Cadgwe, penelitian menunjukkan bahwa sejumlah pasien tidak merasa sistem medis mencukupi kebutuhan spiritual mereka. Melalui pancaran cahaya tentang bagaimana agama dan spiritualitas berhubungan dengan praktek pengobatan, studi ini merpakan langkah ke depan untuk menjawab kebutuhan pasien seperti itu dan keluarganya selama masa hidup yang paling mengancam jiwa.

Sumber : http://kalbe.co.id


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: