Hubungan Video Game dan Kepatuhan Terapi Kanker pada Pasien Remaja

7 09 2008

Disampaikan dalam Medscape dan dipublikasikan dalam jurnal ”Pediatrics”, sebuah jurnal pediatri di Amerika Serikat, (Agustus, 2008) sebuah studi besar yang cukup unik dan kreatif tentang bagaimana video game dapat meningkatkan kepatuhan terapi kanker pada pasien populasi khusus, yaitu remaja. Keberhasilan suatu terapi sangat tergantung dari kepatuhan pasien dalam menajalani terapinya. Khususnya bagi pasien kanker, dampak psikologis akibat penyakitnya dan juga efek samping terapi yang sering menurunkan kualitas hidup, sedikit banyak akan menurunkan kepatuhan pasien terhadap terapinya, sehingga angka keberhasilan terapi pun menjadi tidak optimal.

Populasi usia remaja kelihatannya mengalami masalah tentang kepatuhan terapi kanker. Kalau dilihat, survival (ketahanan hidup) pasien kanker pediatrik (anak) terlihat sangat baik, namun sebaliknya pada kelompok remaja dan dewasa muda, ternyata angka survival-nya kurang menggembirakan akibat kepatuhan terapi yang kurang baik. Para peneliti dalam studi ini melihat bahwa salah satu hal yang digemari para remaja adalah video game. Maka, dibuatlah suatu studi yang mencoba mengetahui apakah video game dapat meningkatkan kepatuhan terapi pada pasien populasi ”khusus” ini. Mari kita simak bagaimana hasilnya.

Untuk menilai pengaruh video game, dilibatkan 375 pasien remaja pria dan wanita (usia 13 – 29 tahun) pada 34 pusat perawatan di Amerika Serikat, Kanada, dan Australia. Mereka diminta memainkan video game ”Re-Mission” (kelompok intervensi) atau ”Indiana Jones and Emperor’s Tomb” (kelompok kontrol), sebuah game dengan design dan interface yang serupa, setidaknya sejam seminggu. Pada game ”Re-mission”, pemain memainkan nanobot yang disebut Roxxi yang bergerak di alam 3 dimensi dan mempresentasikan dalam tubuh pasien kanker. Pemain menggerakkan Roxxi untuk membunuh sel kanker dan mengontrol efek samping, serta untuk memenangkan permainan, pasien harus meminum kemoterapi / antibiotik oral, menggunakan teknik relaksasi, makan, dan mengikuti terapi lainnya.

Hasilnya, ternyata pasien kelompok ”Re-mission” secara bermakna lebih patuh dalam minum antibiotik (lebih tinggi 16%) dan juga 6-mercaptopurine (kemoterapi) berdasarkan serum metabolite assays dibandingkan kelompok kontrol. Pasien kelompok intervensi juga ternyata mengalami peningkatan pengetahuan yang berkaitan dengan kanker.

Kesimpulan studi ini : intervensi dengan video game secara bermakna memperbaiki kepatuhan terhadap terapi dan indikator cancer-related self-efficacy serta pengetahuan pada pasien remaja dan dewasa muda yang menjalani terapi kanker.

Video game Re-mission yang didasari berbagai literatur tentang hal-hal spesifik berkenaan penyakit dan terapinya ini memang secara khusus diciptakan untuk membantu pasien anak dan remaja memahami penyakit dan terapi yang diberikan kepadanya.

Menurut Dr. Pamela M Kato (dari the University Medical Center Utrech, Netherland) , metoda game ini berhasil karena memberikan pasien sebuah cara pandang baru tentang bagaimana mereka memandang penyakitnya. Misalnya, mengubah paradigma bahwa kemoterapi adalah sarana untuk memerangi kanker, dan bukan sebagai obat yang membuat rambut mereka rontok. Game ini dapat diunduh secara gratis dari website oleh pasien maupun dokter.

Sumber : http://kalbe.co.id


Actions

Information

3 responses

7 09 2008
syahmi

BERMUJAHADAHH DI BULAN RAMADHAN

15 09 2008
John Von Der Trapp

Terimakasih infonya ya bro.
Numpang iklan sedikit ya frenddd😉
Download games software musik movies web design GRATIS @ http://www.bataraya.com/forums/ situsnya download orang Indonesia

23 09 2008
asuna17

Promosikan artikel anda di http://www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!
http://game.infogue.com/hubungan_video_game_dan_kepatuhan_terapi_kanker_pada_pasien_remaja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: