Pasien Kanker Perlu Diperhatikan Aspek Psikologisnya

7 09 2008

Disampaikan baru-baru ini (11 Agustus 2008) dalam suatu jurnal kanker terkemuka di dunia (the Journal of Clinical Oncology), sebuah survey terhadap 2.924 pasien kanker pada suatu pusat kesehatan di Inggris menemukan bahwa sebanyak 7,8% pasien merasa lebih baik meninggal atau pernah menyakiti dirinya dalam 2 minggu terakhir.

Stres emosional merupakan prediktor terkuat akan munculnya pikiran bunuh diri. Sebuah studi lain dari the University of Washington, Seattle, menemukan adanya 5.838 kasus bunuh diri pada survey epidemiologi terhadap hampir 3,6 juta pasien kanker dari tahun 1973 – 2002. Studi tersebut mengimplikasikan tingginya kasus bunuh diri di kalangan pasien kanker sebesar hampir dua kali lipat dibandingkan populasi pada umumnya (31,4/100.000 orang vs 16,7/100.000 orang). Hasil sub-analisis menunjukkan, bahwa ternyata ada faktor-faktor tertentu yang lebih meningkatkan risiko bunuh diri, yaitu : pria, ras kulit putih, dan usia lanjut saat diagnosis. Dari sisi jenis kanker, yang paling banyak kasus bunuh diri adalah kanker paru (terbanyak), lambung, rongga mulut, faring, dan laring.

Dr.Matthew Miller (Harvard School of Public Health, Boston) mengatakan bahwa kanker adalah satu-satunya kondisi medis yang menyebabkan peningkatan kasus bunuh diri. Mengurangi penderitaan pasien dengan terapi paliatif yang optimal, menghindari rasa kesepian dan putus asa dengan hubungan yang terbuka dan saling menerima dapat menjadi suatu cara preventif untuk masalah ini.

Penanganan pasien kanker, selain terapi pembedahan /radioterapi /medikamentosa yang kini semakin berkembang pesat, juga perlu memperhatikan aspek psikologis pasien dan tatalaksana nyeri yang baik sebagai aspek utama penatalaksanaan pasien kanker. Kiranya hal tersebut tidak dilupakan oleh para ahli onkologi di Indonesia.

Sumber : http://kalbe.co.id

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: