Kesalahan

13 09 2008

Apa itu kesalahan? Kesalahan adalah sebuah tindakan yang tidak benar. Sesuatu yang seharusnya tidak terjadi dan tidak dilakukan. Ya, kesalahan memang bukanlah sebuah hal baik, tetapi seberapa buruknya kesalahan itu, itu bukan sebuah jalan buntu. Jangan terus – menerus terpuruk dalam penyesalan akan sebuah kesalahan. Percuma, yang sudah terjadi tidak perlu disesali, hanya lakukan sesuatu dengan lebih baik lain kali agar tidak jatuh pada kesalahan yang sama.

Kesalahan bukanlah sebuah ‘kutukan’ yang ditakdirkan untuk ditanggung seseorang. Kesalahan adalah salah satu bentuk pilihan. Jadi dalamsebuah kesalahan janganlah kita menyalahakan sesuatu yang lain, tetapi adalah diri kita sendiri yang membuat sebuah keputusan yang salah. Akan tetapi jangan pula terus menerus menyalahkan dan menyesali diri sendiri karena kesalahan. Penyesalan hanyalah sebuah pelarian. Sesal yang benar adalah fokus untuk mengambil keputusan yang lebih baik selanjutnya.

Kegagalan adalah salah satu buah dari kesalahan. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kegagalan, salah satunyanya adalah melakukan sebuah kesalahan. Yang menyebabkan gagal bukan hanya sebuah kesalahan, masi banyak faktor lain. Orang yang berbuat salah belum tentu ia akan gagal, jika ia mampu memperbaiki kesalahan yang dibuatnya, ia dapat berhasil mengatasi kegagalan itu. Dan orang yang gagal belum tentu ia berbuat salah, misal ia gagal karena faktor lain misalnya faktor luar.

Orang akan dengan mudah mengakui dan menerima sebuah kegagalan, karena kegagalan itu nyata. Sebaliknya, kesalahan sulit sekali ditemukan, dan akan lebih sulit lagi menerimanya. Kenapa? Ini karena sifat manusia yang sulit sekali mengakui kelemahan diri. Bila salah, maka ia akan berusaha menyalahkan orang lain. Dan akan sulit memaafkan diri sendiri yang berbuat salah.Kembali lagi, ini karena ‘diri sendiri’ yang memutuskan untuk berbuat salah. Sesal memang selalu datang terlambat

Jangan terus menerus menyesali kesalahan!! Bangun, bangkit!! Mungkin yang lalu adalah salah, tetapi kita masi punya masa depan. Mungkin kesempatan untuk memperbaiki kesalahan sudah habis, tetapi kita bisa lakukan hal lain dengan sebaik – baiknya untuk menebus kesalahan yang pernah kita lakukan. Toh mau bagaimanapun, yang sudah terjadi tidak bisa diapa – apain lagi. Yang akan datanglah yang perlu kita persiapkan, lakukan the best!!!

Keledai sekali pun tidak akan jatuh ke lubang yang sama.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: