Ubah Cara Pandang Kita

15 09 2008

Sebuah keluarga, ayah ibu dan dua anak. Pada hari liburan sang ayah berencana mengajak seluruh keluarga camping. Saat hari libur tiba, seluruh keluarga mempersiapkan keperluannya masing2 karena mereka akan berangkat jam 10 tepat, begitu janji sang ayah.

Sementara si itu ayah masi tidur. Pada jam 09.45, sang ayah bangun dan memeriksa keadaan apakah semua sudah siap. Ia mendapati istriny sedang menyiapkan bekal. dengan agak emosi, ia menegur istrinya ” kok belom siap juga si ma?!”, ” iya pa, bentar lagi, kerjaan mama kan banyak yg disiapin buat kita”.

Lalu si ayah mendapati anak sulungnya, telah rapi dan siap menunggu di ruang tamu, si ayah tersenyum puas. Ketika ia mendapati anak bungsunya, telah siap dengan berbagai keperluannya, tetapi masih memainkan video game di kamar, si ayah langsung emosi lagi “Aihhhh!! kok kamu masi maen sih!! sana siap siap, beres – beres! ini sudah jam 09.45, sebentar lagi kita berangkat! ntar kamu ditinggal loh!!!”.

Si bungsu dengan senyum rada jengkel, menegur sang ayah ” pa, gimana sih, bisa ngomel2 aja. kita itu sudah siap2 dari pagi, papa masih tidur. sekarang kita tinggal tungguin papa. gimana mo pergi, papa aja masi belom mandi, belom periksa dan panasin mobil, jangan marah doang donk pa!”

Peristiwa semacam ini tidak asing dan sering kali terjadi, betul? biasa para ayah memang suka paling akhir menyiapkan keperluan seperti cerita di atas, benar tidak? Tapi mari kita tarik benang merah cerita ini. Kejadian seperti ini sangat sering terjadi. Kita sering kali menginspeksi persiapan orang lain, sementara kita sendiri sering kali tidak siap. Kita sering kali menghakimi orang lain tanpa melihat diri kita. Sering kali kita menilai ” apakah itu layak untuk ku,” tanpa melihat ” apakah aku layak untuk itu.” Kita sering kali merasa lebih dari orang lain. kita sering merasa kita lebih penting dari yg lain. Kita sering berpikir, “apakah kamu sudah siap untuk aku?”, tanpa berpikir “apakah aku sudah siap untuk kamu?” Mari kita belajar, ubah cara pandang kita. Respect the others more.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: