Cegah Nyeri Menjelang Haid

16 09 2008

Rasa sakit yang timbul pada bagian perut menjelang masa haid memang menyebalkan. Tetapi sebenarnya ada banyak cara untuk mengobati bahkan mencegah agar hal itu hilang dan tidak mengganggu kegiatan Anda sehari-hari.

Meredam Gangguan

Hindari minuman cokelat, kopi dan soda. Perbanyaklah minum air putih.

Kurangi konsumsi garam untuk mengurangi retensi cairan dan makanan yang banyak mengandung gula.

Banyak makan makanan berserat.

Konsumsi suplemen seperti vitamin B6, B kompleks, Magnesium dan Kalsium 1200 gram per hari.

Lakukan olahraga ringan dan teratur agar aliran darah di sekitar rahim lancar.

Mengurangi Kram Perut

Kompres perut bagian bawah atau pinggang bagian belakang dengan air panas.

Mandi air hangat, bila mau gunakan aroma terapi untuk relaksasi.

Konsumsi susu berkalsium tinggi.

Gosok bagian perut atau pinggang yang sakit dengan balsam atau minyak kayu putih.

Ambil posisi menungging agar rahim tergantung ke bawah untuk relaksasi.

Tarik nafas panjang untuk mendapatkan perasaan tenang.

Nah, selain itu juga Anda bisa melakukan treatment pada saat haid agar Anda merasa lebih nyaman dalam beraktivitas. Caranya pun mudah, lakukan pemanasan ringan seperti stretching pada otot tangan, pinggang dan kaki, kemudian berbaringlah terlentang dengan posisi tangan disamping dan kaki yang rapat. Angkat kedua kaki dan bentuklah sudut 90 derajad, tahan sampai beberapa saat, ulangi sampai beberapa kali. Otot di sekitar rahim Anda akan lebih siap untuk mengahadapi serangan-serangan nyeri yang datang.

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: