Meluangkan Waktu Untuk Anak

17 09 2008

Bagi orang tua yang bekerja dan memiliki kesibukan di luar rumah, membagi waktu dengan anak-anak menjadi persoalan tersendiri. Bukan saja anak-anak selalu menuntut anda untuk meluangkan waktu bersama mereka tetapi bagaimana anda menyiasati waktu yang minim dengan kualitas yang maksimal.

– Jadwalkan waktu khusus bersama anak-anak anda

Setiap kali pulang ke rumah, anda perlu berkomitmen untuk memberikan waktu anda sepenuhnya untuk anak-anak. Anak-anak lebih membutuhkan kehadiran anda ketimbang uang anda. Biarkan anak-anak tahu bahwa mereka adalah prioritas utama anda.

– Jadilah sahabat yang selalu siap sedia untuk anak anda

Saat anda bekerja, bukan berarti anda sudah tidak lagi memiliki waktu untuk anak-anak. Bila mereka membutuhkan anda, berilah kesempatan mereka menghubungi anda di kantor. Perhatikan apa yang mereka butuhkan dan selalu siap sedialah untuk memberikan pertolongan pada mereka.

– Buatlah kejutan untuk anak-anak anda

Anak-anak selalu menyambut kedatangan orang tuanya dengan senang hati. Karena itu, tidak ada salahnya bila anda memberikan sebuah kejutan untuk mereka. Bawakan makanan kesukaan anak-anak atau dengan mengajak mereka jalan-jalan ke toko buku atau sekedar ke supermarket, pasti akan membuat mereka senang.

– Sediakan waktu untuk melihat aktivitas anak-anak.

Anak-anak akan merasa sangat senang jika anda bisa melihat apa yang telah mereka lakukan. Ketika mereka mengerjakan tugas sekolah mereka, luangkan waktu anda untuk melihat apa saja yang mereka buat dan kesulitan apa yang mereka hadapi. Siaplah membantu saat mereka membutuhkan pertolongan anda. Saat mereka bermain pun, mereka akan sangat senang jika anda bisa bermain bersama mereka.

– Dengarkan anak-anak anda

Setiap anak membutuhkan perhatian anda. Jika mereka menceritakan masalah mereka, jangan anggap remeh urusan mereka. Mungkin masalah yang mereka alami bukan masalah yang besar untuk anda, tetapi selalu dengarkan anak-anak anda dan persoalan-persoalan mereka.

– Berilah waktu khusus untuk anak-anak anda

Saat liburan tiba, ajaklah anak-anak dan keluarga anda untuk melakukan kegiatan bersama. Bisa berupa rekreasi ke luar kota atau sekedar melakukan olah raga bersama. Tidak ada yang membuat anak anda senang kecuali bisa melewatkan waktu mereka bersama orang tuanya.

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: