Tips Mudik Lebaran 2008

25 09 2008

Halo-halo para mudikers sekalian mendekati lebaran nih tentunya kita akan pada mudik nah maka dari itu saya sajikan artikel dari berbagai sumber untuk menjalani mudik dengan aman dan nyaman simak ya di bawah ini :

Transportasi

Untuk mudik tentunya Anda membutuhkan trasportasi. Dalam hal ini yang pertama harus Anda persiapakan adalah memutuskan apakah akan melakukan perjalanan dengan kedaraan pribadi atau kendaraan umum.

Bagi Anda yang memilih melakukan perjalanan dengan kendaraan umum sebaiknya segera memesan tiket jauh-jauh hari, setidaknya dua minggu sebelum hari H, kerena biasanya begitu mendekati Lebaran harga tiket melambung dua kali lipat, apalagi kalau sudah berurusan dengan calo.

Sedang bagi Anda yang memutuskan melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi, lebih bijaksana jika melakukan persiapan total dengan kendaraan yang akan digunakan bersama keluarga. Periksa kondisi keseluruhan kendaraan, mulai dari mesin, rem, ban, kopling, lampu, busi dan yang lainnya, apakah masih layak untuk digunakan untuk melakukan perjalanan jauh.

Siapkan Anggaran

Yang namanya mudik, biasanya membutuhkan dana lebih dari perkiraan. Nah…alangkah lebih baiknya jika Anda mempersiapkan keuangan. Jangan mentang-mentang dapat THR lantas membelanjakan semuanya, belilah yang betul-betul Anda butuhkan, ingat…. karena Lebaran kali ini jatuh di awal bulan, setelah lebaran masih harus menunggu satu bulan lagi terima gaji. Sebaiknya buat daftar kebutuhan Anda, untuk transportasi pulang-pergi, kebutuhan di kampung halaman dan hal-hal lain yang tak terduga, dan pikirkan juga anggaran untuk sebulan ke depan.

Siapkan Bekal Sendiri

Melakukan perjalanan jauh (kecuali dengan pesawat) pastinya Anda juga membutuhkan makan. Untuk penghematan sebaiknya bawa bekal sendiri. Buah-buahan bisa jadi bekal yang bagus untuk perjalanan panjang, selain serat yang mengenyangkan, buah juga menyediakan energi dan sejumlah gizi antioksidan sebagai penangkal kelelahan. Pilihlah buah yang praktis dan tidak repot memakannya.

Anda bisa juga membawa Snack, bahan-bahan sandwich atau burger atau roti tawar dan sejenisnya. Kalau dalam perjalanan Anda terjebak macet, dengan membawa bekal sendiri tak perlu repot mencari warung, selain tentunya juga hemat. Jangan lupa bawa serta obat-obatan sendiri, untuk persiapan di perjalanan.

Siapkan Uang Tunai Secukupnya

Walau Anda memiliki ATM, tapi uang tunai tetap dibutuhkan, tapi sebaiknya bawa uang tunai secukupnya. Untuk menghindari copet, simpan di tempat yang berbeda.

sumber : kapanlagi.com


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: