Bersaing Sehat Di Lingkungan Kerja

3 10 2008

Walaupun tidak dapat dihindari, persaingan kerap menjadi salah satu hal yang paling sering ditemui dalam kehidupan.

Salah satu contoh nyata adalah dalam hal pekerjaan. Tidak sedikit para pekerja yang meginginkan gelar sebagai karyawan teladan dan menginginkan meningkatnya jabatan dalam pekerjaan mereka.

Oleh karena itu, persaingan kerap ditemui dalam setiap bidang pekerjaan. Tetapi yang menjadi masalah, apakah persaingan itu dilakukan secara sehat atau dilakukan dengan cara menusuk dari belakang.

Sebelum hal ini terjadi, tentunya harus diwaspadai terlebih dahulu. Ada baiknya antara Anda dan saingan duduk bersama dan sepakat untuk melakukan persaingan secara sehat.

Seperti yang dikutip dari careerbuilder, ada beberapa cara yang sering digunakan untuk melakukan persaingan secara sehat, seperti:

Menunjukkan kemampuan yang Anda miliki

Tidak perlu menjadi iri hati dan sombong, tetapi cobalah untuk bersikap sportif dengan menunjukkan kemapuanmu menjalankan tugas yang diberikan. Yakinkan orang?orang yang ada di sekeliling, bahwa Anda mampu mengerjakannya sesempurna mungkin.

Menunjukkan ide-ide cemerlang

Gali kembali ide-ide cemerlang yang Anda miliki dan tunjukkan itu kepada atasan, sehingga dia bisa menilai hasil kerja Anda. Jangan sampai sainga mencuri ide-ide ini, karena Anda akan menjadi kalah di mata atasan. Bila dia juga ikut mengemukakan ide yang dimiliki, jangan takut terlebih dahulu, karena belum tentu ide-ide yang dimiliki sainganm Anda akan diterima secara terbuka atasan.

Berpikir dan memiliki sikap posisitif

Walau mungkin mudah untuk diucapkan, tetapi untuk mendapatkan sebuah persaingan yang sehat dengan berpikir dan bersikap positif amatlah sulit. Selain harus menjaga pola pikir agar tetap bersih, kalian harus memiliki sikap positif dengan tidak menjatuhkan lawan dengan tidak hormat. Tetapi biarkan dia jatuh sendiri atas perbuatannya yang curang dan tidak jujur.

Sumber : Okezone

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: