Strategi Cepat Pulang Kantor

9 10 2008

Alih-alih berniat pulang on time, Anda sering kali terpaksa over time di kantor dengan berbagai alasan. Coba jurus ini.

Datang Lebih Awal
Pekerjaan menumpuk sehingga Anda butuh waktu lebih lama untuk menyelesaikannya. Padahal, Anda kadung janji bertemu dengan teman selepas jam kantor. Agar tidak terjebak lembur, lebih baik datang lebih awal ke kantor sehingga Anda bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

To Do List
Buatlah sebanyak-banyaknya apa yang harus Anda lakukan dalam sehari. Untuk menghemat waktu, buatlah daftar ini satu hari sebelumnya. Kemudian, buatlah prioritas mana yang penting, kurang dan tidak penting. Lalu, atur waktunya dari masing-masing kegiatan tersebut. Jika Anda disiplin dengan jadwal yang telah dibuat, tidak akan ada istilah lembur dalam kamus Anda.

Rapat di Pagi Hari
Jika Anda mendapat tugas memegang suatu proyek sehingga Anda harus sering melakukan rapat, atur waktu rapat sedemikian rupa agar tidak mengganggu jadwal pulang kantor. Jadwalkan hari rapat di pagi hari dan hindari mengundang rapat di jam-jam kritis, yaitu di atas pukul 15.00.

Stop Tumpukan Kertas
Bereskan kertas-kertas kerja setiap usai menyelesaikan satu pekerjaan. Hal ini untuk menghindari tumpukan kertas di atas meja yang dapat menghambat Anda pulang lebih cepat. Sebab Anda mesti membereskan meja kerja sebelum pulang bukan?

Atur Waktu Surat-Menyurat
Selesaikan urusan surat-menyurat sesaat begitu Anda tiba di kantor. Kirim email ke klien atau kolega pada pagi hari. Minta kepadanya untuk menjawab surat atau memberi jawaban paling telat di bawah jam empat.

Say No
Jika tak mau kelimpahan pekerjaan tambahan yang dapat merusak jadwal pulang Anda hari itu, cobalah berani menolak. Kalau tidak enak hati karena yang meminta atasan, katakan bahwa Anda akan menyelesaikan pekerjaan tambahan itu esok hari.

Do It
Berniat pulang on time, konsekuensinya Anda tidak bisa menunda-nunda pekerjaan. Kerjakan setiap tugas yang datang saat itu juga. Kegiatan-kegiatan yang kurang perlu seperti keluyuran ke kubik sebelah, ngobrol di meja rekan, atau berbicara di telepon berjam-jam dengan teman, sebaiknya dihindari.

Kabur Saja
Kalau Anda memiliki atasan yang kurang berkenan jika Anda pulang cepat, padahal pekerjaan telah selesai dikerjakan, bolehlah sedikit melakukan kenakalan. Misal, meletakkan tas cadangan di tempat yang terlihat sehingga atasan mengira Anda belum pulang. Selain itu, agar lebih meyakinkan, biarkan meja kerja Anda berantakan sehingga mengesankan penghuninya masih berada di tempat. Setting komputer Anda agar bisa mati sendiri secara otomatis.

Sumber : Kompas

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: