Bila Hubungan Putus Sambung

10 10 2008

Berkali-kali putus sambung, menurut Henny Wirawan, psikolog dari Universitas Tarumanegara, mengindikasikan hubungan belum matang sehingga kurang bisa menghadapi konflik. Akibatnya, kata putus sering kali diucapkan. Henny menambahkan, putus sambung berkali-kali menandakan hubungan tidak sehat.

“Keputusan untuk putus seharusnya bukan keputusan bangun tidur, keputusan semalam, tapi sudah melalui proses perenungan yang cukup panjang,” kata Henny. Bila hanya mengandalkan emosi akan sulit karena Anda akan berkali-kali mengalami putus sambung, tapi akar persoalannya tidak pernah selesai.

Sebelum terucap putus, perlu dicari tahu dulu permasalahan yang sesungguhnya terjadi di antara Anda berdua, apakah menyangkut ketidakcocokan pendapat atau yang lebih fatal, misalnya menyangkut prinsip. Bila karena kebiasaan atau karakter yang beda, perlu juga Anda tanya pada diri sendiri, apakah Anda bisa menyesuaikannya atau tidak. Bagaimana bila ternyata setelah kata putus diucapkan, pasangan ingin kembali menjalin hubungan? Ada beberapa hal yang perlu dilihat bila pasangan ingin minta kembali pada Anda, di antaranya:

1. Cari tahu sumber konfliknya apa dan tanyakan bisakah Anda berdua mengatasi atau mencari jalan keluarnya.

2. Adakah perubahan dalam dirinya? Hal ini perlu dibuktikan dulu dengan kesungguhannya, perubahan sikapnya. Jangan buru-buru memutuskan iya sebelum Anda yakin dia telah berubah.

3. Jangan memutuskan kembali pada pasangan hanya karena kasihan, tidak bisa mengatasi rasa kangen, dan sebagainya. Tapi pastikan Anda sudah berhitung untung ruginya.

4. Beri waktu. Hindari berhubungan lagi setelah kata putus. Anda perlu waktu untuk diri sendiri, setidaknya untuk melihat persoalan secara jernih.

Sumber : Kompas

Advertisements

Actions

Information

4 responses

15 10 2008
Ratna

Aku pacaran sama cowok aku dah 4 tahun putus sambung melulu berkali-kali, karena kamal orangnya susah maunya engga dikontrol, privacy tinggi alasannya, padahal mungkin dia selingkuh, baru 3 bulan ini dia aneh sejak awal july 2008

16 10 2008
yuxie

wah sudah lama yah hubungannya uda 4 tahun. aku juga pernah ngalamin hal kyk gitu…dalam 3 tahun aku pacaran, srg juga putus nyambung gt..itu tergntg dr msg2 psgnnya. apa yg bikin psgn tersebut putus sambung melulu.

balik ke case ratna, jgn lgs ambil kesimpulan kl dia selingkuh ato apa..cb dingomongin baik2 dgn kamal, cb ditanyain ke dia, apa yg bikin dia brubah ato aneh belakangan ini..sapa tau dia lg ada mslh ato persoalan yg ga mo dikasih tau ke kamu..cb ditanya ke temen2 dia, diselidiki pelan2..ntar pasti tahu alasannya dia aneh kenapa. setau aku kl hubungan uda berjln 4 thn, pasti uda slg mengerti satu sama lain..sdh tau baik buruknya psgn masing2..sekian dari aku…aku doakan semoga cepet diketahui alasan napa kamal berskp ane blkgn ini..gud luck y..

NB : kl ada pembaca lainnya yg ingin memberi saran ke ratna, silakan-silakan saja yah….

6 05 2009
Ikka

Aq jg dah 2kali putus nyambung ma cowokku.Nie situasinya qta lg putus,aq yg memutuskan.TP AQ LG BERJUANG BWT DIA BALIKAN KRN AQ SGT MENCINTAINYA TRNYATA GAK MAU KLO BNER2 ILANG N GK NYAMPBUNG LG.DOAIN AQ YA?MG DIA MAU KEMBALI UNTUK MENIKAH BIAR QTA TAK TERPISAHKAN.AMIEN..

31 05 2010
iien

Ni aq jg SAYAANG bgt macwokq. tp akhr2 ni dy bnyak brubah, BERUBAH 10000000kali derajad. tyap kli aq tny k dy ttg alsan dy brubah mlah dy mrah2, aq g’ngrti mksudx pa… akhr2 ni dy jg jrang bgt hubq, ad ja alasanya typ kli ditnya. Ni aq hrus gmna, sdangkan aq syang bgt ma dy.. Aq dah anggp dy jdohq. Rsax g’ da cwok ndk dunia ni sbaek dy yg dlu. Aq harus gimana………???????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: