PMS (Pre Menstruation Syndrome)

16 10 2008

Masa PMS (pre menstruation syndrome) alias sindroma pra menstruasi adalah saat menyiksa buat perempuan. Kram perut, pusing, jerawatan, kembung, depresi, insomnia, uring-uringan, diare, sakit punggung, payudara lembek, atau kelelahan adalah sebagian gejala PMS.

Setiap wanita mengalami gejala yang tidak sama. Bagaimana cara menghadapinya? Berikut ini sejumlah makanan dan tindakan yang berguna di masa itu.

1. Minum susu yang mengandung kalsium dan magnesium karena kedua mineral ini dapat membantu meringankan kram saat menstruasi.

2. Jangan lupakan teh hijau karena minuman ini mengandung vitamin K yang berguna memperlambat perdarahan hebat.

3. Makan daun peterseli untuk mengatasi kembung.

4. Hindari makanan tinggi garam karena menyebabkan tubuh menahan cairan.

5. Hirup minyak esensial peppermint untuk meringankan sakit kepala atau minum teh peppermint dan chamomile untuk sakit kepala.

6. Menghirup minyak esensial lavender juga bagus untuk meringankan sakit atau kram.

7. Ringankan nyeri perut menstruasi dengan meletakkan botol hangat di punggung bawah. Bisa juga menggunakan handuk hangat di punggung bawah dan lapisi lagi dengan handuk lain untuk menjaga kehangatannya.

8. Rendam kaki di dalam air hangat.

9. Olahraga teratur selama paling tidak 30 menit untuk membantu mengatur kadar hormon dalam tubuh.

10. Hindari minuman yang mengandung kafein.

sumber : Kompas

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: