Enam Alasan Orang Minum Air Putih

17 10 2008

Saat kita sedang berada di keramaian maka kita tidak akan asing melihat orang yang sedang asyik menenteng botol minuman air mineral. Faktanya memang air merupakan minuman yang paling populer di dunia ini. Sedangkan minuman air mineral sendiri merupakan jenis minuman terpopuler kedua setelah soft drink. Sayangnya akhir akhir ini beredar kabar jikalau manfaat minum air mulai diragukan keabsahannya. Minum 8 gelas air sehari merupakan wacana yang tidak pernah terbukti secara ilmiah.

Kalau boleh menyarankan, janganlah karena pendapat itu lalu kita memalingkan muka dari air. Walaupun anda tidak merasa perlu meminum 8 gelas air sehari namun masih banyak manfaat air yang bisa anda rasakan. Pada kenyataannya memang meminum air baik berupa air putih maupun air yang berasal dari makanan dan buah buahan sangatlah bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut 6 alasan mengapa anda harus tetap minum cukup air setiap hari :

1. Minum cukup air akan membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Tubuh anda terdiri dari 60% air. Fungsi air dalam tubuh antara lain untuk pencernaan makanan, penyerapan makanan, sirkulasi, membentuk ludah, transportasi zat zat makanan dan menjaga suhu tubuh.

Saat tubuh kekurangan cairan, otak akan memberi sinyal dengan rasa haus. Tolong jangan abaikan sinyal itu, segeralah minum air. Sayangnya, sinyal ini ternyata bisa terganggu oleh alkohol sehingga orang yang sedang minum alkohol tidak merasa haus padahal tubuhnya sedang dehidrasi.

2. Air dapat membantu mengontrol kalori. Bertahun tahun, orang yang sedang diet akan minum banyak air sebagai strategi menguruskan badan. Makanan dengan kandungan air yang tinggi akan tampak lebih besar dan karena besarnya ini kita dituntut untuk mengunyah lebih lama sehingga akan lebih lama pula diserap oleh tubuh. Kondisi ini akan membuat anda cepat merasa kenyang. Makanan yang banyak mengandung air antara lain buah buahan, sayur sayuran, makanan yang terbuat dari tepung gandum, dan kacang kacangan.

3.Air membantu otot anda menjadi lebih bertenaga. Sel otot yang tidak mampu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit akan menyebabkan otot kelelahan.

Minum cukup air sangat penting saat berolah raga. Saat berolah raga tubuh kehilangan banyak cairan melalui keringat maka kita wajib menganggantikan cairan yang hilang tersebut. Minumlah segelas air dua jam sebelum berolah raga dan minumlah air secara teratur saat berolah raga.

4. Air membantu kulit tetap kelihatan indah. Kulit anda terdiri dari banyak air. Salah satu fungsi kulit adalah sebagai pelindung agar tubuh tidak kehilangan banyak cairan. Tapi jangan lalu berharap minum air yang banyak akan menghilangkan noda di kulit. Dehidrasi akan menyebabkan kulit anda tampak kering dan berkerut, nah kondisi inilah yang mampu diatasi dengan cara minum air yang cukup.

5. Air menjaga kesehatan ginjal anda. Cairan yang ada dalam tubuh membantu menghantarkan zat zat yang tidak berguna keluar dari sel. Racun utama dalam tubuh adalah nitrogen urea dalam darah. Untungnya racun ini larut dalam air sehingga mudah untuk dikeluarkan melalui ginjal.

Saat tubuh anda cukup cairan, kencing akan menjadi lancar, warnanya akan jernih dan tidak terlalu berbau. Sebaliknya bila tubuh kekurangan cairan maka kencing menjadi lebih pekat, berwarna pekat dan berbau.

Jika anda terus terusan kurang minum maka anda beresiko menderita kencing batu khususnya pada iklim tropis seperti negara kita.

6. Air membantu menjaga fungsi normal saluran pencernaan. Minum yang cukup akan membuat pencernaan anda lancar dan mencegah susah buang air besar. Jika anda tidak minum cukup maka usus besar akan menghisap lebih banyak air dalam kotoran sehingga kotoran menjadi lebih padat dan susah untuk dikeluarkan.

Berikut tips untuk membantu anda lebih banyak minum air :
1. Selalu menyediakan air minum bila anda sedang menyantap makanan.
2. Pilihlah minuman yang anda sukai, anda akan minum banyak air bila anda menyukainya.
3. Makananlah banyak sayur dan buah buahan. Kedua jenis makanan ini mengandung banyak air dan 20% dari jumlah air yang masuk ke tubuh kita berasal dari makanan.
4. Bawalah minuman dalam kemasan setiap anda berpergian/
5. Pilihlah minuman sesuai dengan kebutuhan anda. Bila anda sedang diet, pilihlah minuman yang mengandung sedikit kalori.

Semoga bermanfaat…

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: