Mencari Kerja Lewat Internet

19 10 2008

Bagi para pencari kerja, pameran bursa kerja menjadi kesempatan emas. Maklum, di arena ini tersedia sekitar 3.000 lowongan kerja untuk berbagai jabatan. Sayang, kesempatan ini hanya berlangsung sekali setahun. Selebihnya, pencari kerja lebih banyak mengandalkan iklan lowongan di koran. Padahal, ada alternatif lain untuk mencari kerja, yakni lewat internet. Beberapa keuntungan mencari kerja lewat dunia maya antara lain:

* Praktis. Anda cukup menulis surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup sekali. Berkas dalam bentuk file digital tersebut bisa dipakai selamanya.

* Cepat. Untuk mengirim lamaran hanya butuh beberapa menit dan langsung sampai ke alamat tujuan.

* Mudah. Bisa memilih jenis pekerjaan yang Anda inginkan. Komputer (program) akan memilih lowongan yang sesuai dengan pendidikan dan minat Anda.

* Bisa lewat orang lain. Mengirim lamaran via internet bisa dilakukan orang lain. Anda bisa minta tolong orang lain yang sehari-hari bisa mengakses internet. Keuntungan lain, pencari kerja di internet biasanya tidak sebanyak pelamar lewat koran. Jadi kemungkinan untuk diterima juga lebih besar.

Salah satu situs yang menyediakan layanan tersebut adalah http://www.karir.com, http://www.jobplaza.co.id, http://www.jobsdb.com, http://www.jobstreet.com. Dan untuk bisa menikmati layanan tersebut, Anda harus mendaftar dulu sebagai anggota situs tersebut. Untuk menjadi anggota, ada beberapa langkah yang bisa Anda ikuti, seperti petunjuk di situs tersebut. Pertama, mengisi data pribadi di formulir pencari kerja. Setelah Anda kirim, akan muncul formulir kedua berisi riwayat pekerjaan (jika ada), riwayat pendidikan, jenis pekerjaan yang Anda cari, dan sebagainya.

Setelah dikirim, Anda pun sudah terdaftar menjadi anggota dan bisa langsung mengirim lamaran, berapa pun dan kapan pun Anda suka. Selain itu, ada beberapa situs yang menyediakan layanan serupa. Salah satunya, situs http://www.nakertrans.go.id milik Depnakertrans yang menyediakan link mencari kerja secara online. Nah, silakan pilih. Yang jelas, Anda tak harus menulis surat lamaran dan ke kantor pos setiap kali ingin melamar pekerjaan. Apalagi sampai pingsan di pameran bursa kerja.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: