Alasan Kita Memfoto

24 10 2008

Dunia Fotografi saat ini sudah begitu umum bagi banyak kalangan. Bahkan dari kalangan usia muda hingga usia dewasa dapat melakukannya. Bahkan HP pun sudah di fasilitasi dengan kamera yang kemampuannya sudah cukup untuk hasil yang baik yang dapat kita bawa kapanpun dan dimanapun. Dan..banyak alasan mengapa kita mendokumentasikan banyak hal dalam hidup kita adalah :

1. Sebagai kenang-kenangan dalam sejarah hidup kita, seperti acara kelahiran, ulang tahun, kelulusan sekolah atau kuliah, pernikahan sampai kematian.
2. Sebagai kenang-kenangan dalam perjalanan, dalam bentuk landscape seperti pemandangan pantai, pegunungan, awan, perumahan dan masih banyak lagi, ataupun secara portrait (berdiri) seperti air terjun, gedung yang menjulang tinggi.
3. Terkadang kita pun suka mengambil foto-foto binatang ataupun bunga-bunga yang ada disekitar kita yang mungkin kita pelihara dan tanam sendiri maupun mengkhususkan untuk mencari tempat-tempat khusus yang sehubungan dengan hal tersebut.
4. Kita pun sering ‘kebingungan’ dalam membuat foto diri atau pas foto untuk pengurusan surat-surat. Tetapi hal inipun merupakan alasan kita untuk berfoto.
5. Memfoto hal-hal yang kita sukai walaupun hal itu dilarang atau iseng, seperti teman kita sedang tidur, dalam sebuah pertunjukan, pameran, lukisan.
6. Ada beberapa orang yang suka mengambil foto yang begitu detail, yang terkadang mata kita tidak dapat melihatnya dengan jelas. Harus menggunakan lensa khusus yang dalam dunia fotografi disebut dengan foto macro.
Namun banyak pertanyaan yang sering muncul..mengapa sering kali saya memfoto dan hasilnya goyang (tidak jelas) ?

Nah….inilah jawabannya…dalam memfoto itu sangatlah diperlukan yang namanya sinar atau cahaya. Karena pemfotoan itu adalah merekam cahaya. Pada umumnya hasil foto kita suka goyang atau kabur karena mungkin kurangnya sinar/cahaya yang ada pada saat kita memfoto. Nah…pada saat itu sebaiknya gunakan flash pada kamera kita untuk mengantisipasi hasil yang tidak kita inginkan.

Alasan lain mengapa kita goyang, bisa juga karena cara memegang kamera kita salah atau tanpa kita sadari tangan kita goyang. Itupun akan menghasilkan gambar yang goyang. Jika kita tidak mau menggunakan flash, sebaiknya gunakan alat bantu tripod agar kamera kita tidak goyang, namun object yang kita ambil juga harus freeze (diam). Karena jika objek yang kita ambil bergerak itu pun dapat menghasilkan gambar yang tidak tajam.

Nah..selamat menghasilkan karya-karya yang indah dengan kamera apapun di tangan anda. Karena hasil baik bukan juga bergantung dengan merk kameranya, tetapi dari keinginan hati kita untuk memfoto. Karena sebuah seni tidak dapat dinilai tetapi dapat dilihat dan dinikmati oleh orang banyak.


Actions

Information

One response

27 10 2008
riftom

thanks, inspiratif sekali…
saya juga lagi seneng jeprat jepret foto, meskipun cuma pake kamera poket😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: