Dua Kali Sehari, Pola Makan Terbaik?

27 10 2008

Berapa kali Anda makan dalam sehari? Dua atau tiga kali? Jujur saja, pasti kebanyakan di antara Anda pasti termasuk orang yang makan tiga kali dalam sehari. Pagi, siang dan malam. Namun tahukah Anda, ternyata para pakar diet dan kesehatan telah sepakat, bahwa pola makan terbaik bagi tubuh manusia adalah dua kali dalam sehari. Mengapa?

Saat perut melakukan proses penyaringan dan penyerapan makanan, khususnya untuk makanan kaya protein, struktur asam dalam makanan tersebut mempengaruhi dinding perut. Jadi proses yang intensif ini mengaktifkan sel dalam memproduksi zat asam, getah dan enzim lambung. Pencernaan yang bekerja terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan pada dinding perut, karena perut tak memiliki banyak waktu untuk beristirahat guna melakukan pencernaan berikutnya.

Tipe pola makan dua kali ternyata didasarkan pada psikologi pelik tubuh manusia. Yaitu harus ada jeda dari makan pertama sebelum menyantap makanan berat lain. Jadi Anda harus menunggu perut kosong agar timbul sensasi lapar yang optimal. Biasanya, makanan tinggal di dalam perut selama enam hingga delapan jam. Kesimpulannya, makan sehari dua kali bisa memberikan waktu bagi perut untuk lebih banyak beristirahat. Selain itu pola makan dua kali sehari dapat memberikan kesempatan pada perut untuk beristirahat selama 12 jam. Nah, sepanjang waktu inilah tubuh dapat menyimpan enzim yang ia butuhkan, memperbarui selaput lendir dan memperbaiki fungsi normal kontraksi dari sistem pencernaan.

Tubuh manusia memiliki pengaturan sendiri dalam hal pola makan. Perubahan sedikit dalam pola tersebut bisa mengarahkan pada penolakan dan ketidaknyamanan. Seringkali dibutuhkan tiga bulan bagi seseorang untuk dapat memproduksi refleksi dan kebiasaan makan baru. Pada dasarnya, semua makluk hidup menyadari akan keberadaan cara makan dan menyeimbangkan program makanan tersebut

Jadi, pukul berapa waktu yang ideal untuk makan? Para psikolog mengatakan, setiap orang harusnya sarapan mulai dari jam 7 hingga 10 pagi. Diikuti asupan makanan kedua, yang berjarak enam jam setelahnya – mulai dari jam 1 siang hingga jam 3 sore. Setelah waktu tersebut tak ada lagi makan-makanan berat.

Berapa kali Anda makan dalam sehari? Dua atau tiga kali? Jujur saja, pasti kebanyakan di antara Anda pasti termasuk orang yang makan tiga kali dalam sehari. Pagi, siang dan malam. Namun tahukah Anda, ternyata para pakar diet dan kesehatan telah sepakat, bahwa pola makan terbaik bagi tubuh manusia adalah dua kali dalam sehari. Mengapa?

Saat perut melakukan proses penyaringan dan penyerapan makanan, khususnya untuk makanan kaya protein, struktur asam dalam makanan tersebut mempengaruhi dinding perut. Jadi proses yang intensif ini mengaktifkan sel dalam memproduksi zat asam, getah dan enzim lambung. Pencernaan yang bekerja terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan pada dinding perut, karena perut tak memiliki banyak waktu untuk beristirahat guna melakukan pencernaan berikutnya.

Tipe pola makan dua kali ternyata didasarkan pada psikologi pelik tubuh manusia. Yaitu harus ada jeda dari makan pertama sebelum menyantap makanan berat lain. Jadi Anda harus menunggu perut kosong agar timbul sensasi lapar yang optimal. Biasanya, makanan tinggal di dalam perut selama enam hingga delapan jam. Kesimpulannya, makan sehari dua kali bisa memberikan waktu bagi perut untuk lebih banyak beristirahat. Selain itu pola makan dua kali sehari dapat memberikan kesempatan pada perut untuk beristirahat selama 12 jam. Nah, sepanjang waktu inilah tubuh dapat menyimpan enzim yang ia butuhkan, memperbarui selaput lendir dan memperbaiki fungsi normal kontraksi dari sistem pencernaan.

Tubuh manusia memiliki pengaturan sendiri dalam hal pola makan. Perubahan sedikit dalam pola tersebut bisa mengarahkan pada penolakan dan ketidaknyamanan. Seringkali dibutuhkan tiga bulan bagi seseorang untuk dapat memproduksi refleksi dan kebiasaan makan baru. Pada dasarnya, semua makluk hidup menyadari akan keberadaan cara makan dan menyeimbangkan program makanan tersebut

Jadi, pukul berapa waktu yang ideal untuk makan? Para psikolog mengatakan, setiap orang harusnya sarapan mulai dari jam 7 hingga 10 pagi. Diikuti asupan makanan kedua, yang berjarak enam jam setelahnya – mulai dari jam 1 siang hingga jam 3 sore. Setelah waktu tersebut tak ada lagi makan-makanan berat.

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: