Menghindari Sakit Karena Bekerja

4 11 2008

Hidup sehat tentu berpengaruh pada capaian kerja seseorang. Tapi justru perilaku dan kondisi saat bekerja seringkali menjadi sumber masalah. Untuk itu, anda perlu mengenal lima masalah yang biasa muncul saat bekerja.

Terlalu lama duduk. Biasanya berakibat pada penyumbatan saluran darah. Sebuah studi dari Medical institute of New Zealand menemukan bahwa 34 persen orang yang mengalami pembekuan darah di kaki atau paru-paru memiliki kebiasaan terlalu lama duduk. Terlalu lama duduk membuat otot kaku, aliran darah tak lancar, yang memicu pembekuan darah.

Cara untuk mengatasinya, bangkit dari tempat duduk dan sempatkan berjalan-jalan setiap dua jam. Laporan dari University of Illinois menyebutkan bahwa berjalan bisa membangkitkan kekuatan otak karena darah yang mengalir ke otak menjadi lancar.

Jadwal perjalanan yang padat biasanya menimbulkan masalah depresi. Dalam sebuah kajian terhadap lebih dari 500 studi yang meneliti orang yang terlalu sering bepergian dengan pesawat terbang, menyebutkan bahwa mereka yang memiliki jadwal penerbangan yang padat sering mengalami masalah psikis dan gangguan pada mood atau suasana hati, yang buntutnya akan memicu depresi yang semakin parah.

Untuk mengatasi depresi ini, anda bisa coba senam jantung selama 30 menit sebelum dan setelah melakukan penerbangan. Senam atau olahraga ringan bisa mengurangi gejala-gejala depresi hingga 50 persen, berdasarkan hasil studi yang dimuat dalam American Journal of Preventive Medicine.

Udara sekeliling kadang berdampak pada alergi dan asma. Para petugas medis dan perawat kesehatan berdasarkan sebuah studi di Spanyol, ternyata memiliki risiko tinggi terkena asma akibat terlalu sering menghirup obat-obatan semprot yang mengandung aerosol dan juga bubuk yang terdapat pada sarung tangan lateks yang mereka kenakan setiap hari. Dan debu serta jamur yang terdapat di banyak ruang perkantoran juga bisa menyebabkan asma. Cara mengatasinya, bersihkan ruang kantor sehingga dijamin bebas debu, dan pastikan sistem aliran udara atau ventilasi tidak tersumbat atau rusak.

Terlalu lama ngobrol di telepon kadang membuat bahu terasa sakit. Rasa sakit pada bahu dialami 46 persen para pekerja kantoran, berdasarkan hasil studi yang dimuat dalam European Spine Journal. Rasa sakit di bagian bawah leher Anda, itu karena Anda sering melihat layar monitor yang letaknya tidak sejajar dengan mata; sakit pada sisi leher biasanya akibat kebiasaan mengobrol dengan menjepit gagang telepon di leher sambil tangan mengetik di keyboard atau mengerjakan hal lain. Untuk itu, cobalah tempatkan layar monitor sejajar dengan mata dan jaraknya selengan dari mata. Dan jika ingin tetap mengobrol sambil bekerja, biasakan memakai headset.

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: