Empat Jenis Temperamen

11 11 2008

– Sanguinis

Ditandai dengan sifat : hangat, meluap-luap, lincah, bersemangat dan pribadi yg menyenangkan. Pd dasarnya mau menerima. Pengaruh luar dengan gampang masuk ke pikiran dan perasaan yang membangkitkan respons yang meledak-ledak.Perasaan lbh berperan daripada pikiran refleksif dalam membentuk keputusan. Org sanguinis sangat ramah kepada org lain,sehingga dia biasanya dianggap seorang yg sangat ekstrovert.

– Koleris

Seorg choleris tampil hangat, serba cepat, aktif, praktis, berkemauan keras, dan sangat independent. Dia cenderung tegas dan berpendirian keras, dengan gampang dapat membuat keputusan bagi dirinya dan bagi org lain. Spt seorg sanguinis, choleris adalah seorg ekstrovert, walau tidak se-ekstrovertnya seorg sanguinis. Seorg choleris hidup dgn aktif. Dia tidak butuh digerakkan dari luar, malah mempengaruhi lingkungannya dengan gagasan-gagasannya, rencana, tujuan, dan ambisi-ambisinya yg tak pernah surut.

– Melankolis

Si Melankolis adalah seorg yg paling “kaya” diantara semua temperamen. Dia seorg analisis, suka berkorban, bertipe perfeksionis dengan sifat emosi yg sangat sensitive. Tdk seorg pun yg dapat menikmati keindahan karya seni melebihi seorg melankolis. Sbnrnya dia mudah menjadi introvert, ttp ketika perasaanya lebih dominant, dia masuk ke dalam bermacam-macam keadaan jiwa. Kdg2 mengangkatnya pada kegembiraan yang tinggi yg membuatnya bertindak lebih ekstrovert. Akan tetapi pada saat lain dia akan murung dan depressi, dan selama periode ini dia menarik diri dan bisa menjadi seorg yg bgt antagonistis (bersifat bermusuhan).

– Phlegmatis

Si phlegmatic adalah seorg yg hidupnya tenang, gampangan, tak pernah merasa terganggu dengan suatu titik didih yg sedemikian tinggi sehingga dia hamper tak pernah marah. Dia adalah seorg dengan tipe yg mudah bergaul dan paling menyenangkan diantara semua temperamen. Phlegmatis berkaitan dengan apa yg dipikiran oleh Hippocrates mengenai cairan dalam badan yg menghasilkan yg “tenang”, “dingin”, “pelan”, temperamen yg memiliki keseimbangan yg baik. Baginya hidup adalah suatu kegembiraan yg baik. Baginya hidup adalah suatu kegembiraan dan kadang menjauh dari hal2 yg tidak menyenangkan. Dia bgt tenang dan agak diam, sehingga tak pernah keliatan terhasut, bagaimana pun keadaan sekitarnya.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: