Kekuatan & Kelemahan Kepribadian

14 11 2008

Sanguinis (kepribadian seorg sanguinis populer ; ekstrovert, suka bicara, optimis)

Kekuatan :

Emosi : kepribadian yang menarik, suka berbicara, menghidupkan situasi, rasa humor yg hebat, emosional dan demonstrative, antusias dan ekspresif, periang dan penuh semangat, penih rasa ingin tahu, baik di panggung, lugu dan polos, hidup dimasa sekarang, mudah diubah, berhati tulus, selalu ceria.

Di pekerjaan: sukarelawan utnuk tugas, memikirkan kegiatan baru, tampak hebat di permukaan, kreatif, dan inovatif, punya energi dan antusiasme, mengilhami org lain untuk ikut, mempesona org lain untuk bekerja.

Sbg teman : mudah berteman, mencintai org, suka dipuji, tampak menyenangkan, dicemburui org lain, bukan pendendam, cepat minta maaf, mencegah saat membosankan, suka kegiatan spontan.

Sbg org tua : membuat rumah menyenangkan, menjadi teman bagi anak2, mengubah bencana menjadi humor, merupakan pemimpin sirkus.

Kelemahan :

Tidak ada tindak lanjut, org tanpa kesalahan (mereka tidak benar2 percaya bahwa mereka punya kesalahan besar), mereka tidak benar2 menerima diri secara serius, suka bicara banyak, mementingkan diri sendiri, punya ingatan yang belum dikembangkan, tidak tetap pikiran dan pelupa, menyela dan menjawab untuk org lain, tidak tertib dan tampak tidak dewasa.

Melankolis (kepribadian seorg melankolis sempurna : introvert, pemikirm pesimis)

Kekuatan :

Emosi : mendalam dan penuh pikiran, analitis, serius dan tekun, cenderung jenius, berbakat dan kreatif, artistic atau musical, filosofis dan puitis, menghargai keindahan, perasa terhadap org lain, suka berkorban, penuh kesadaran, idealis.

Di pekerjaan : berorientasi jadwal, perfeksionis, standar tinggi, sadar perincian, gigih dan cermat, tertib dan terorganisasi, teratur dan rapi, ekonomis, melihat masalah, mendapat pemecahan kreatif, perlu menyelesaikan apa yg dimulai, suka diagram, grafik, bagan, dan daftar.

Sbg teman : hati2 dalam berteman, puas tinggal di latar belakang, menghindari perhatian, setia dan berbakti, mau mendengarkan keluhan, bisa memecahkan masalah org lain, sangat memperhatikan org lain, terharu oleh air mata belas kasihan, mencari teman hidup ideal.

Sbg org tua : menetapkan standar tinggi, ingin segalanya dilakukan dengan benar, menjaga rumah selalu rapi, merapikan barang anak2, mengorbankan keinginan sendiri untuk org lain, mendorong inteligensi dan bakat.

Kelemahan : mudah tertekan, punya citra diri rendah, suka menunda-nunda, mengajukan tuntutan yg tidak realistis kepada org lain

Koleris (kepribadian koleris kuat : ekstrovert, pelaku, optimis)

Kekuatan :

Emosi : berbakat memimpin, dinamis dan aktif, sangat memerlukan perubahan, harus memperbaiki kesalahan, berkemauan kuat dan tegas, tidak emosional dalam bertindak, tidak mudah patah semangat, bebas dan mandiri, memancarkan keyakinan, bisa menjalankan apa saja.

Di pekerjaan : berorientasi target, melihat seluruh gambaran, terorganisasi dengan baik, mencari pemecahan praktis, bergerak cepat untuk bertindak, mendelegasikan pekerjaan, menekankan hasil, membuat target, merangsang kegiatan, berkembang karena saingan.

Sbg Teman : tidak terlalu perlu teman, mau bekerja untuk kegiatan, mau memimpin dan mengorganisir, biasanya selalu benar, unggul dalam keadaan darurat.

Sbg org tua : memberikan kepemimpinan kuat, menetapkan tujuan, memotivasi keluarga sebagai kelompok, tahu jawaban yg benar, mengorganisir rumah tangga.

Kelemahan : tuan tanpa salah (org lain yg salah), pekerja keras, harus terkendali, tidak tahu bagaimana cara menangani org lain.

Phlegmatis (kepribadian phlegmatic damai : introvert, pengamat, pesimis)

Kekuatan :

Emosi : rendah hati, mudah bergaul dan santai, diam, tenang, sabar, seimbang, konsisten, cerdas, simpatik dan baik hati, menyembunyikan emosi, bahagia menerima kehidupan, serba guna.

Di pekerjaan : cakap dan mantap, damai dan mudah sepakat, punya kemampuan administrative, menjadi penengah masalah, menghindari konflik, baik di bawah tekanan, menemukan cara yg mudah.

Sbg Teman : mudah diajak bergaul, menyenangkan, tidak suka menyinggung, pendengar yg baik, selera humor yg menggigit, suka mengawasi org, pny banyak teman, punya belas kasihan dan perhatian.

Sbg org tua : menjadi org tua yg baik, menyediakan waktu bg anak2, tidak tergesa2, bisa mengambil yg baik dari yg buruk, tidak mudah marah.

Kelemahan : seperti tidak ada masalah, melawan perubahan, tampaknya malas, punya kemauan baja yg tenang, tampaknya tidak berpendirian.

Advertisements

Actions

Information

One response

15 11 2008
Bioregulator

Mau tahu bagaimana temperamen mempengaruhi kebiasaan makan seseorang? Klik di sini

Btw backlinknya sudah saya tambahkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: