Diet Kanker Sesuai Golongan Darah

17 11 2008

Bertahun-tahun telah lewat sejak kita duduk di bangku sekolah dasar, saat kita pertama kali mendapatkan pelajaran tentang konsep makanan empat sehat lima sempurna. Konsep yang membagi makanan sehat menjadi lima komponen besar ini (karbohidrat, sayur-mayur, buah-buahan, sumber protein, dan susu) ini terus-menerus  mendapatkan pengulangan dan tertanam lebih dalam melalui pelajaran-pelajaran di jenjang sekolah berikutnya, keluarga, media massa, dan juga dokter saat kita sakit.

Saat mengidap kanker, pelajaran mengenai makanan empat sehat lima sempurna lagi-lagi terulang, kali ini dengan sedikit variasi di sana-sini. Kalangan medis umumnya tetap bertahan pada prinsip empat sehat lima sempurna ini, dengan tambahan “Hindari makanan yang dibakar, makanan berjamur, mengandung pengawet, pewarna, perasa buatan, minyak jelantah, ayam negeri, dan telur ayam negeri. Lainnya boleh dan diperlukan untuk mempertahankan daya tahan tubuh.”

Kalangan naturopati memperkenalkan konsep vegetarian, yakni pengidap kanker tidak boleh memakan daging apa pun (kecuali ikan, bila dirasa perlu), termasuk telur dan susu. Alasannya, produk-produk hewani membuat pH tubuh menjadi asam –suatu kondisi yang sangat disukai kanker untuk tumbuh subur. Konsep ini pun sudah cukup luas diterima para pejuang kanker, khususnya yang menempuh pengobatan secara nonmedis, umumnya dikombinasikan dengan diet ala medis.

Beberapa pengobat kanker juga memberikan daftar dietnya masing-masing, yang umumnya tetap berpedoman pada prinsip empat sehat lima sempurna dengan variasi di sana-sini, yang garis besarnya telah terangkum dalam artikel Diet Bagi Pejuang Kanker.

Tetapi Dr. Peter D’Adamo melalui bukunya Diet Sehat Golongan Darah Untuk Mencegah dan Mengobati Kanker memberikan teori yang sama sekali berbeda dari sebelumnya. Ahli naturopati dari AS ini mengingatkan, tiap orang memiliki golongan darah yang berbeda karena darahnya mengandung antigen yang berbeda juga. Seseorang yang memiliki golongan darah A misalnya, jika ditransfusi dengan darah bergolongan B, maka tubuhnya akan menolak dengan mengeluarkan antibodi untuk melawan darah baru tersebut. Demikian juga seseorang yang hendak menjalani transplantasi organ tubuh, perlu diteliti segala sesuatunya untuk memastikan organ yang akan dicangkokkan benar-benar cocok dengan kondisi si penerima, sehingga tidak menimbulkan reaksi penolakan yang dapat berakibat fatal.

Teori itu diterapkan oleh Dr. Peter D’Adamo pada makanan. Ia menyatakan bahwa tiap jenis makanan juga mengandung antigen-antigen tertentu (disebut lektin) yang cocok bagi golongan darah tertentu, tetapi belum tentu cocok bagi golongan darah lain. Dengan dasar pemikiran ini, menjadi tidak masuk akal baginya kalau setiap orang di seluruh dunia harus menjalani diet yang sama mengikuti prinsip empat sehat lima sempurna.

Dr. Peter D’Adamo kemudian menyusun suatu daftar makanan yang boleh atau tidak boleh dikonsumsi oleh seseorang bergolongan darah A, B, AB, maupun O. Dari daftar ini, ia kemudian membuat daftar yang lebih spesifik lagi, yaitu daftar makanan yang boleh atau tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit tertentu berdasarkan golongan darahnya. Salah satunya ya buku Diet Sehat Golongan Darah Untuk Mencegah dan Mengobati Kanker ini.

Dalam buku tersebut, makanan yang boleh dikonsumsi oleh masing-masing golongan darah masih dibedakan lagi menjadi makanan Super Bermanfaat, yaitu makanan yang mempunyai khasiat kuat dan spesifik untuk melawan kanker, kemudian makanan Bermanfaat, yaitu makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, kesehatan metabolik, maupun kesehatan struktural; makanan Netral yang boleh sering dikonsumsi untuk pemenuhan zat gizi, dan makanan Netral yang hanya boleh dikonsumsi sesekali saja. Selebihnya adalah makanan yang harus dihindari.

Bukan hanya makanan pokok yang ada daftarnya dalam buku ini, tetapi juga berbagai sayur-mayur, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, bumbu-bumbu, minyak, bahkan juga minuman, dan vitamin/suplemen yang boleh atau tidak boleh dikonsumsi. Sangat menarik dan mencerahkan membaca mengenai teori baru yang masuk akal dengan daftar yang begitu lengkap.

Walaupun dinyatakan buku-buku Dr. Peter D’Adamo telah diterjemahkan ke dalam 50 bahasa, kita tetap harus waspada. Karena teori baru tentang makanan yang dikembangkannya mulai tahun 1990-an ini belum didukung publikasi mengenai riset-riset yang telah dilakukan. Dr. Peter D’Adamo belum pernah mempublikasikan riset mengenai zat-zat yang terkandung dalam bahan makanan tertentu, maupun riset dan uji klinis mengenai kecocokan suatu bahan makanan terhadap suatu golongan darah. Benarkah riset dan uji klinis itu ada? Kapan dilakukan, di mana, oleh siapa, berapa dan siapa pesertanya, serta bagaimana hasilnya?

Apalagi kalau menilik sebagian dari diet yang dianjurkan justru merupakan kebalikan dari diet konvensional yang telah lama dikenal. Contohnya untuk golongan darah O, Dr. Peter justru menganjurkan daging merah sebagai makanan super bermanfaat, sebaliknya menganjurkan menghindari sumber-sumber karbohidrat. Menyikapi hal seperti ini kita harus berhati-hati, memantau perkembangan secara cermat, karena kalau ada kesalahan kesehatan kita yang menjadi taruhannya.

Sayangnya, daftar makanan yang ada di buku ini mengacu pada daftar makanan yang ada di Amerika. Banyak di antara bahan-bahan yang disebutkan yang tidak dikenal di Indonesia, sebaliknya sangat banyak makanan sehari-hari di Indonesia yang tidak disebutkan di sana. Mari kita tunggu ahli naturopati Indonesia yang ikut menerapkan dan mempromosikan buku ini menambahkan daftar makanan asli Indonesia ke dalamnya.

Advertisements

Actions

Information

One response

21 11 2008
nun1k04a

Promosikan artikel anda di http://www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur http://www.infogue.com/info/cinema/& http://www.infogue.com/game_online & http://www.infogue.com/kamus untuk para netter Indonesia. Salam!
http://kesehatan.infogue.com/diet_kanker_sesuai_golongan_darah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: