Kurang Tidur Bisa Bikin Gemuk

1 12 2008

Usahakan anak Anda tidur cukup setiap malam. Kebiasaan ini bisa mencegahnya dari kegemukan ketika dewasa.

Hasil penelitian Universitas Otago, Dunedin, Selandia Baru, yang dipublikasikan di jurnal Pediatrics pekan lalu, jadi alasannya.

Riset ini melibatkan lebih dari seribu orang, yang dipantau sejak lahir hingga berusia 32 tahun. Para peneliti menyimpulkan, mereka yang kurang tidur ketika masih kecil lebih cenderung menderita obesitas tatkala dewasa.

Robert John Hancox, peneliti senior dalam tim, menyebutkan hasil riset membuktikan bahwa kebiasaan tidur yang baik semasa kecil berpengaruh seumur hidup. Sebelumnya memang sudah ada sejumlah studi yang mengaitkan kurang tidur pada anak-anak dan risiko obesitas.

Namun riset terbaru inilah yang pertama membuktikan kaitan antara kurang tidur dan kegemukan. Dengan kata lain, kata Hancox, tidur tak cukup ketika kecil memiliki konsekuensi jangka panjang.

Dia mengingatkan untuk mulai mengatur pola tidur malam yang baik dan cukup bagi anak-anak. Para ahli merekomendasikan anak berusia 5 sampai 12 tahun untuk terlelap hingga 11 jam setiap malam. Sedangkan remaja disarankan tidur 8,5 hingga 9,5 jam per malam.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: