Orang Kidal Lebih Mudah Cemas

8 12 2008

Mereka yang lebih sering menggunakan tangan kiri atau kidal ternyata cenderung mudah merasa cemas ataupun malu dengan apa yang ingin dilakukan atau dikatakan.

Kesimpulan tersebut diungkap para peneliti dari Abertay University Skotlandia yang melakukan tes untuk mengukur sejauh mana pengaruh pengekangan dan dorongan hati terhadap perilaku seseorang.

Para peneliti menemukan bahwa orang kidal cenderung lebih setuju dengan pernyataan seperti : “Saya khawatir  membuat kesalahan.”  Mereka yang kidal juga sepakat dengan penyataan : “Kritik atau omelan membuat saya sedikit sakit hati.”

Dalam riset yang dipublikasikan jurnal Personality and Individual Differences itu, para ahli melibatkan  46 orang yang kidal dan 66 partisipan lainnya  yang terbiasa memakai tangan kanan. Riset juga menunjukkan, mereka yang kidal mencatat skor lebih tinggi dalam hal pengekangan, terutama ketika terlibat dalam situasi baru atau luar biasa.

Wanita juga cenderung lebih banyak mengekang dirinya ketimbang para pria. Seluruh kelompok memberi respon yang sama terhadap pertanyaan seperti : “Saya sering bertindak sesuai dorongan hati ” dan  “Saya sangat mendambakan kesenangan dan sensasi baru.”

Dr Lynn Wright, yang memimpin riset ini di Dundee, Skotlandia, merasa percaya bahwa fenomena ini disebabkan adanya perbedaan pada daerah otak antara orang kidal dan orang yang lebih sering memakai tangan kanan.

“Orang kidal cenderung lebih bimbang, sedangkan mereka yang memakai tangan kanan cenderung sedikit bergerak cepat. Pada orang kidal, bagian otak kanannya lebih dominan, dan inilah bagian yang sepertinya mengendalikan aspek negatif dari emosi. Mereka yang lebih banyak memakai tangan kanan, bagian otak kirinya lebih dominan,” ungkap Lynn

Advertisements

Actions

Information

2 responses

3 01 2009
aquekky

malah keren kali orang kidal
beda dri pd yg lain

whahahaahahha

3 03 2009
Alexwebmaster

Hello webmaster
I would like to share with you a link to your site
write me here preonrelt@mail.ru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: