Di Balik Bahasa Diam Si Bos

10 12 2008

Bahasa tubuh seseorang bisa menggambarkan isi hatinya. Bila atasan tak banyak bicara, coba ungkap pesan yang ingin disampaikan lewat bahasa tubuhnya.

Melepas jam tangan

Bila saat presentasi, tiba-tiba atasan Anda melepas jam tangan dan meletakannya di tempat yang dapat terlihat oleh peserta rapat, ini berarti ia ingin menyampaikan pesan bahwa dirinya adalah orang yang sangat penting dan sibuk. Baginya, semua harus dimulai dan diakhiri tepat waktu.

Berdiri di balik podium

Ketika atasan berdiri di hadapan para karyawan, dan berbicara bahwa ia sangat menghargai kinerja para karyawannya, cobalah perhatikan sikap tubuhnya. Bila saat menyampaikan pesan atasan lebih memilih berbicara di balik podium, ini menunjukkan dia bukan orang yang terbuka dan defensif. Anda harus berhati-hati dalam menyampaikan kritikan kepadanya.

Menyilangkan lengan setelah bicara

Jika tangan atasan bergerak-gerak sebelum atau ketika ia berbicara, ini menandakan adanya keterbukaan dan keterusterangan. Namun, jika ia berbicara lebih dulu, setelah itu membuat gerakan-gerakan tertentu, seperti memasukkan tangan ke saku, atau menyilangkan kedua lengan di dada, ini menunjukkan ada sesuatu yang membuatnya ragu.

Menatap mata

Saat atasan menyampaikan sesuatu dengan menatap mata Anda, ini menunjukkan bahwa ia ingin Anda benar-benar memerhatikan apa yang ia sampaikan. Biasanya, ia akan melakukan gerakan ini untuk menyampaikan perubahan besar, peluang strategis, atau bahkan menyampaikan kabar buruk yang harus segera ditindaklanjuti.

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: