Cara Mengurangi Minyak Makanan

13 12 2008

Minyak adalah salah satu bentuk lemak yang paling akrab ditemukan. Kehadirannya memang sangat dibutuhkan untuk pemrosesan makanan, namun bila penggunaannya berlebihan juga bisa menjadi pembawa petaka.  Nah, supaya tidak terjebak dalam kebiasaan menggunakan minyak secara berlebihan, ikutilah tip berikut ini :

1.    Ukur dengan seksama

Tahukah Anda, satu sendok makan minyak mengandung 100 kalori? Karena itu, gunakan minyak seperlunya. Hindari makanan gorengan. Ketika ingin makan gorengan, konsumsi secukupnya saja.

2.    Imbangi dengan makanan sehat

Hampir semua hidangan favorit ala Indonesia diolah dengan cara digoreng. Ingin tetap sehat walau makan gorengan? Sediakan pula lalapan sayur dan buah segar di meja makan.

3.    Lebih baik dipanggang

Supaya mirip digoreng, lumuri makanan dengan canola cooking spray. Lalu, panggang sampai bagian luarnya berwarna kecokelatan.

4.    Bisa juga dioven kering

Oven kering juga memberi efek gorengan pada makanan. Lumuri makanan dengan minyak zaitun atau canola terlebih dahulu, kemudian panggang dengan suhu sampai 200 derajat Celsius.

5.    Buang kelebihan lemak

Buang kulit ayam atau lenyapkan lemak dari daging sapi olahan. Jangan khawatir, daging masakan pasti tetap lezat dan Anda tak menderita kelebihan kalori.

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: