A Pleasant Present

14 12 2008

Niat yang baik, tanpa cara yang baik, bisa jadi hasilnya pun kurang baik. Pemberian Anda tak berkesan bagi si penerima, malah menyinggungnya. Jangan sampai itu terjadi.

Mahal Bukan Ukuran

Tak selamanya barang mahal diterima dengan senang hati. Sebaliknya, barang kecil, murah, tapi benar-benar dipilih secara personal, lebih berkesan daripada barang mahal tapi asal beli. Yang penting, sesuaikan dengan kebutuhan orang yang diberi hadiah.

Untuk Dia, Bukan Anda

Seringkali kita membelikan hadiah buat seseorang sesuai dengan yang kita inginkan. Kita suka aksesori serba besar, maka dibelilah gelang berukuran besar warna merah. Padahal si penerima hadiah tidak suka aksesori besar meski memang suka warna merah.

Tak Sembarang Membeli

Ada beberapa orang yang perasaannya sensitif. Niat baik memberi hadiah sesuai yang dia butuhkan, bisa dianggap penghinaan. Karena itu, ada baiknya, secara tidak langsung ditanyakan pada orang itu, maukah dia diberi hadiah tersebut. Misal, buku panduan seks newlywed mungkin bukan hadiah yang tepat untuk si religius.

Sesuai Hobi

Paling aman berikan hadiah sesuai dengan hobinya. Kalau dia sukai travelling, diberi travelling pouch pasti dia suka. Atau bila hobi memasak, diberi cetakan es berbentuk mungil, dijamin diterima dengan senang hati. Atau buat yang suka membaca, berikan saja buku baru dari pengarang kesukaannya.

Kemasan Cantik

Bungkus hadiah sama penting dengan isi hadiah. Karena memberi kesan Anda menyiapkannya dengan sepenuh hati. Sebaliknya, kalau diberi begitu saja, terkesan Anda terburu-buru, dan tidak perhatian.

Timing

Saat memberi juga penting. Jangan sampai di tengah kedukaan, Anda memberi seseorang hadiah yang menarik perhatian. Atau di saat teman Anda senang bertengkar dengan pacarnya, Anda malah memberinya hadiah.

Tak Harus Mahal

Jangan membayangkan barang mahal ketika punya niat memberikan hadiah pada seseorang. Senyum yang tulus, ucapan terima kasih atau menyediakan waktu Anda, adalah bentuk hadiah terindah yang bisa Anda berikan.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: