Office Bullying

17 12 2008

Menurut penelitian dari Univ of Minnesota, efek psikologis yang ditimbulkan oleh pelecehan di kantor (office bullying) lebih menakutkan dibandingkan pelecehan seksual.

Office Bullying termasuk :

Komentar memojokkan atau merendahkan

Bentakan terutama yang dilakukan di depan orang banyak

Tidak menghargai jabatan dan tanggung jawab anda

Tidak menghargai hasil kerja anda

Bila anda mengalami salah satu hal diatas, seorang pakar manajemen menyarankan agar anda segera mengonfrontir pelecehan pada saat kejadian. Misalkan ketika seorang rekan mengolok-olok anda, katakan dengan tegas bahwa anda tidak menyukai perlakukannya dan mengharapkan ia menghentikan sikapnya. Katakan bahwa anda profesional, dan layak diperlakukan secara sopan.

Harap diingat saat anda mengatakan hal tersebut, jagalah nada bicara dan emosi anda, karena sebenarnya sisi emosional itulah yang diincar si peleceh. Karenanya saat emosi anda mulai memuncak sebaiknya anda menjauh dulu dan tenangkan diri.

Apabila perlakuan yang anda terima sudah diluar batas, buatlah laporan tertulis, dengan menyertakan segala aspek detil, termasuk waktu, tempat, bentuk pelecehan, serta saksi mata dari kejadian tersebut.

Kalau laporan itu tidak membuat pelecehan berhenti, bahkan cenderung semakin parah, sudah saatnya anda mencari pekerjaan ditempat lain. Walaupun hal itu akan membuat sang bully merasa menang, tapi ketahuilah, harga diri dan kesehatan mental anda jauh lebih penting dibandingkan apa yang orang lain pikirkan.

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: