Tips Hadapi PHK Dengan Tenang

23 12 2008

Di masa krisis ekonomi seperti sekarang ini, banyak perusahaan yang terpaksa “gulung tikar” karena mengalami masalah keuangan. Ancaman Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pun semakin meresahkan para karyawan.

Bisa jadi perusahaan Anda juga mengalami hal serupa dan berencana merampingkan jumlah karyawan.

Sebelum ini terjadi, persiapkan diri Anda dengan beberapa rencana matang. Sehingga bila tiba waktunya, Anda tidak panik menghadapi situasi pelik tersebut.

Berikut beberapa rencana yang bisa Anda persiapkan :

– Perbaiki resume Anda

Tambahkan pada resume Anda keahlian dan pengalaman yang telah Anda dapatkan selama bekerja. Ini bermanfaat untuk menjual potensi yang Anda miliki saat melamar di tempat yang baru. Periksa juga contact network Anda, siapa tau ada diantara mereka yang sedang membutuhkan karyawan baru seperti Anda.

– Cari pekerjaan baru

Mulailah mencari informasi lowongan pekerjaan. Anda bisa memperoleh informasi tersebut di harian surat kabar ataupun situs di internet. Kirim surat lamaran Anda yang sudah dilengkapi dengan resume dan pendukung lainnya.

– Simpan penghasilan bulanan Anda

Selalu sisihkan penghasilan Anda untuk ditabung. Anda akan merasakan pentingnya arti tabungan disaat-saat tidak terduga. Jika proses PHK benar-benar terjadi, maka simpanan inilah yang akan banyak membantu Anda. Cari tau pula informasi mengenai jenis tabungan yang sesuai untuk menyimpan dana pensiun Anda.

– Cek Asuransi Anda

Lihat jumlah jaminan asuransi yang anda miliki. Pastikan Anda masih bisa melanjutkan perawatan kesehatan selama beberapa bulan mendatang sampai Anda mendapatkan pekerjaan yang baru. Jika Anda belum memiliki asuransi kesehatan, segera cari informasi asuransi kesehatan yang bagus. Anda memiliki waktu beberapa minggu untuk menandatangani kontraknya. Rencana ini akan sangat berguna, agar Anda bisa mendapatkan perawatan meskipun Anda belum bekerja lagi.

Tips :

– Jangan pernah menyerah. Gunakan waktu luang selama menganggur untuk mengevaluasi karier Anda. Lakukan aktivutas yang dulu mungkin belum sempat Anda lakukan. Galilah semua potensi yang Anda miliki, ini mungkin akan berguna bagi perubahan karier Anda.

– Jangan pernah mencari pekerjaan disaat Anda masih di kantor. Bisa saja Bos Anda memperhatikan segala kegiatan Anda di kantor. Mengunjungi situs lowongan kerja dengan menggunakan fasilitas komputer kantor, bisa mempengaruhi penilaian Atasan terhadap Anda.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: