Nikmati Perbedaan Setiap Pasangan

11 02 2010

Lihatlah sekeliling kita, indahnya warna-warni bunga, satwa dan segala keragaman lain yang menghiasi dunia. Tanpa adanya perbedaan dan warna-warni, kita tidak akan merasakan hidup semeriah dan seindah sekarang ini, betul ? Begitu pun dengan kehidupan setiap suami istri selalu berhadapan dengan segala macam perbedaan dan warna-warni kehidupan. Sayangnya tidak semua pasangan mampu melihat perbedaan sebagai kekayaan sehingga banyak orang merasa tersiksa karena perbedaan-perbedaan itu.

Setiap orang lahir dengan perbedaan dan keunikannya masing-masing. Mulai dari perbedaan fisik, pola pikir, kesenangan, prinsip, pendapat, dll. Tidaklah mungkin segala sesuatu hal sama. Banyak hal positif yang bisa kita peroleh dengan perbedaan.

Ada beberapa syarat untuk dapat saling menerima perbedaan diantara pasangan :

Cara pandang kita terhadap perbedaan

Berpikirlah positif dengan mensyukuri adanya perbedaan dan anggaplah perbedaan sebagai kekayaan. Cara pandang yang benar akan melahirkan sikap yang tepat. Ada baiknya kita mencari persamaan lebih dahulu, sebelum mencari perbedaan.

Kelola perbedaan sebaik mungkin

Berlatihlah untuk menghargai, menerima, menjalankan dan bertanggung jawab terhadap keputusan bersama, meski berlawanan dengan ide awal kita

Selalu kembali pada tujuan pernikahan

Saat perbedaan terjadi, ingat kembali pada janji-janji pernikahan. Cara ini akan mendorong tercapainya tujuan bersama sekaligus mempraktekkan saling mengasihi.Jangan menonjolkan diri/sombong

Merasa diri paling penting, lebih benar dan lebih baik dari pasangan tidak akan menambah nilai lebih bagi kita. Jadilah beton dalam bangunan.

Cari sumber informasi yang terjamin kebenarannya

Perbedaan bisa muncul karena informasi yang salah. Oleh sebab itu komunikasi dan saling percaya adalah sangat penting bagi setiap pasangan

Koreksi diri sendiri sebelum menyalahkan pasangan

Menyalahkan pasangan terus menerus tidak akan banyak membantu menyelesaikan masalah. Bisa jadi kesalahan sebenarnya terletak pada diri kita. Karenanya koreksi diri sendiri terlebih dahulu merupakan langkah yang paling bijaksana.

Jadi jangan menyesali perbedaan jika tidak mau kehilangan sumber kebahagiaan !

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: