Gandum mencegah kanker usus besar

2 03 2010

Menurut laporan media cetak luar negeri, bahwa hasil penelitian ahli biokimia dari Univ Kansas, AS baru-baru ini mendapati bahwa gandum mengandung antopengoksidasi yang kuat yang bermanfaat untuk mencegah kanker usus besar, diabetes dan jantung.

Antipengoksidasi terletak pada aneka macam vitamin misalnya vitamin D, dsb, ia dapat melawan radikal bebas di dalam tubuh. Jika puranil di dalam tubuh merusak sel dapat mengakibatkan penyakit jantung, kanker, diabetes, katarak dan penyakit lainnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi gandum seutuhnya dan bakal daun gandum bermanfaat bagi penyerapan tubuh melawan pengoksidasi. Selain itu pada gandum seutuhnya selain mengandung antipengoksidasi, serat yang dikandungnya juga dapat membantu melawan kanker.

Saat ini peneliti telah mulai mengembangbiakkan gandum yang mengandung unsur kimia o-phenyl (suatu persenyawaan antikanker) setelah melalui pengubahan gen dan berharap supaya dimasukkan dalam makanan dan minuman sehari-hari setelah berhasil mengembangkannya untuk digunakan melawan kanker. Ilmuwan inggris juga menyatakan bahwa pengoksidasi dapat menurunkan skala rusaknya materi gen, namun ilmuwan tersebut juga berpendapat bahwa itu dapat menyerap anti pengoksidasi alam melalui makanan alami seperti misalnya buah-buahan, sayur mayur/gandum.

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: