Tips Mengelola Kejenuhan Di Tempat Kerja

10 03 2010

Sampai titik tertentu, orang akan merasa jenuh, penat, bosan dan tidak bersemangat didalam bekerja. Apa yang harus anda siasati apabila mengalami situasi seperti itu? Mau keluar, masih perlu gajinya. Mau bolos, takut kena sangsi. Mau kerja asal-asalan, pasti dimarahi atasan. Dibawah ini ada beberapa tips yang bisa menolong anda untuk mengurangi kejenuhan ditempat kerja.

–         Mulai lakukan tugas yang paling anda kuasai dan anda senangi

Dengan melakukan ini, anda akan lebih mudah menyelesaikan tugas dengan cepat. Dan tanpa disadari, anda sedang menuju ke arah penyelesaian tugas-tugas besar lainnya.

–         Bagi tugas-tugas besar anda menjadi tugas-tugas keciul yang terlihat lebih ringan

Lakukan ini setiap pagi hari, diawal hari kerja anda. Mengerjakan tugas-tugas kecil secara bertahap, akan terlihat lebih ringan ketimbang memikirkan beban tugas besar yang harus dikerjakan sekaligus

–         Take a break

Setiap 1 jam setelah mengerjakan tugas tertentu, ambillah jeda selama 5 menit. Anda bisa lakukan sedikit gerak-gerak badan, berjalan menuju ke lokasi tertentu atau beres-beres arsip. Intinya lakukan sesuatu yang beda. Hal ini akan menolong keluar sejenak dari kesumpekan anda

–         24 jam mengucap syukur kepada Tuhan

Sebenarnya ini obat paling mujarab dan penting di dalam mengelola kejenuhan ditempat kerja. Selalu ingat kebaikan Tuhan, kalau anda masih diberi kesempatan untuk kerja, masih diberi kesehatan dan kepintaran untuk mencari uang. Selalu ingatkan diri anda untuk bersyukur bila melihat begitu banyak orang-orang yang mengganggur, kelaparan dan susah hidupnya.

–         Selalu ingat pada cita-cita/tujuan hidup anda

Saat kejenuhan melanda, selalu ingat bahwa saat ini anda sedang berjuang menuju ke arah cita-cita anda. Selalu katakan pada diri sendiri, tidak ada cita-cita yang bisa diraih dengan murah dan mudah. Ini adalah harga yang harus dibayar. Tidak ada yang gratis di dunia ini. ”Jadi saya harus bangkit dari kejenuhan..”

–         Jangan manja terhadap diri sendiri

Lebih baik bersikap keras terhadap diri sendiri. SAY NO pada perasaan malas anda. Lawan segala sifat-sifat yang bisa merusak diri sendiri seperti selalu membuat alasan, terlalu toleransi pada diri sendiri, selalu menunda-nunda. Paksa diri untuk cepat-cepat bangkit kalau malasnya kumat. Lakukan yang terbaik buat masa depan anda, maka Tuhan akan melakukan sisanya untuk sukses anda.

Advertisements

Actions

Information

One response

19 07 2010
yudi

kalo ada tip2 yg menarik lagi,info ke email aq y guys….tnks ke bosssku@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: