Wortel Menurunkan Resiko Stroke

20 04 2010

Wortel adalah sayuran, tumbuhan, atau bagian tanaman yang di makan bersamaan dengan makanan pokok. Sayur merupakan bagian dari makanan kita sehari-hari, yang dapat merangsang selera hingga makanan terasa enak. Lagipula sayur-sayuran adalah sumber vitamin yang dibutuhkan tubuh.

Semua sayur mengandung vitamin C. Sayuran mentah berisi kandungan vitamin C lebih baik daripada yang dimasak, karena sebagian vitamin telah hilang setelah dimasak. Namun jangan khawatir. Walaupun telah dimasak, sayuran tersebut masih mengandung lebih banyak vitamin C daripada sayuran yang dibekukan atau dikalengkan.

Sayuran juga merupakan sumber vitamin dan mineral penting yang membantu pencernaan. Selama dalam proses pertumbuhan, sayuran ini menyerap sejumlah mineral tertentu dari tanah.

Mineral terpenting yang dikandung sayuran adalah kalsium, fosfor, besi dan kalium. Kandungan kalium yang tertinggi terdapat dalam sayuran berwarna kuning. Kalsium terdapat dalam sawi, kubis hijau. Berbagai vitamin yang terkandung dalam sayuran diantaranya B, E dan K

Wortel, sudah lama terkenal berkhasiat memperbaiki penglihatan. Tumbuhan yang pertama kali ditanam di Afganistan pada abad ke VII ini kaya beta karoten. Jika didalam tubuh, zat ini diubah menjadi vitamin A, yaitu zat gizi yang penting untuk fungsi retina. Vitamin A ini tak akan mengobati kebutaan, tapi hanya dapat memperbaiki penglihatan bila masalah penglihatan tersebut tidak disebabkan oleh kekurangan vitamin A.

Selain berperan sebagai provitamin A, beta karoten dipercaya sebagai pelindung terhadap kanker, karena mengandung antioksidan. Wortel ini juga berkhasiat membantu menurunkan kolesterol dalam darah, menurunkan resiko stroke. Makan wortel paling sedikit lima kali setiap minggu dapat menurunkan resiko terkena stroke sebesar 68% daripada makan wortel satu kali.

Lantas, wortel seperti apa sih yang baik ? Pilihlah yang tampak segar, halus dan bentuknya baik serta warna yang menarik. Hindarkan wortel yang sudah retak atau berkerut. Ketika kamu membeli wortel, pastikan bagian atasnya yang hijau masih melekat, dan bagian itu masih tampak segar. Untuk mempertahankan gizi yang terkandung di dalam wortel secara maksimum, gosoklah wortel, jangan dikupas, kecuali kalau kulitnya amat keras atau telah rusak.

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: