Fruits

11 11 2008

Eat Fresh Fruits

Makan buah bukan hanya sekedar proses “beli, potong, makan!”, sebenarnya masih terdapat banyak pengetahuan. Jika kau mengetahui kapan dan bagaimana memakannya, akan banyak manfaat yang akan kau peroleh.

Correct Way Of Eating Fruits

Buah seharusnya dimakan saat perut kosong. Bukan sebagai makanan penutup yang disantap selesai makan nasi. Jika kau membiasakan makan buah saat perut kosong, akan membantu pembuangan racun tubuh, sekaligus mensuplai energi yang cukup untuk kegiatan sehari-hari (terutama saat diet).

Fruit Is Most Important Food

Contoh : ketika kau memakan 2 potong roti dan seporsi buah. Buah lebih mudah diserap daripada roti, dalam lambung hanya butuh waktu singkat sudah dapat masuk kedalam usus kecil, saat itu roti masih belum sepenuhnya hancur, akibatnya jalan bagi buah tersebut terhambat. Makanan dalam lambung akan berubah menjadi asam. Makanan dalam lambung, asam lambung ditambah lagi dengan buah, mudah menyebabkan buah berubah kwalitas, sehingga menimbulkan efek buruk bagi tubuh. Sebab itu makan buah dengan perut kosong adalah yang terbaik. Pernahkah mendengar orang mengatakan “setiap kali aku makan semangka suka tersedak”, “ketika aku makan durian maka lambung terasa mengembang”, “selesai makan pisang, aku segera ingin ke toilet”

Kenyataannya, Jika kau makan buah saat perut kosong, tidak akan timbul masalah tersebut diatas.

Buah dan makanan lain dalam lambung akan tercampur hingga membentuk gas tubuh, menyebabkan tersedak atau lambung mengembang.

Yang lebih penting lagi, makan buah dengan perut kosong dapat menghindari rambut berubah menjadi putih, botak, syarat tegang, hitam pada sekeliling mata.

Jangan mengira jeruk, lemon yang rasanya asam dapat membantu asam dalam lambung. Research menunjukkan, semua buah yang masuk kedalam lambung, setelahnya akan berubah menjadi basa.

Jangan makan buah yang telah dipanaskan, buah yang telah dipanaskan akan hilang semua vitaminnya. Sama dengan tidak memakannya, karena semua vitamin akan hilang melalui pemanasan.

Jika kau butuh vitamin yang terkandung dalam buah, maka jangan santap “nasi goreng nanas”, “sapi semur buah mangga, “tim buah pear”, dll

Sari buah, harus diminum fresh, jangan meminum produk kemasan, seperti minuman kaleng, dll.

Kembali lagi, serat buah sangat berfaedah, sebab itu makan buah utuh efeknya jauh lebih bagus daripada hanya minum sari dari buah saja.

Saat minum sari buah, minum seteguk demi seteguk, sehingga ada waktu yang cukup bagi sari buah untuk bercampur dengan air liur

Tiga Hari Bersantap Buah

Cara yang efektif untuk membersihkan lambung dan membuang racun tubuh :

Hanya makan buah, minum air buah perasan

Hanya butuh tiga hari

Kau akan temukan seluruh tubuh menjadi lebih segar

Memasuki periode “bersantap buah”, kau tak akan merasa tak enak. Setiap kali kau makan buah yang berbeda, sekali-kali juga boleh makan salad buah, dengan demikian selain inovatif juga mendapat hasil yang bagus!

Sekarang kau telah mengetahui aturan makan buah, artinya kau telah mendapat resep untuk menjadi cantik, panjang umur, sehat, energik.

Semoga Kita Semua Tetap Bahagia & Berbadan Sehat





Wortel Super Kaya Kalsium

27 10 2008

Dengan rekayasa genetika, wortel kelak tidak hanya dikenal sebagai ikonnya sumber vitamin A, mungkin juga menjadi sumber kalsium. Para ilmuwan di AS telah membudidayakan wortel yang mengandung kadar kalsium tinggi.

Seseorang yang makan wortel super ini akan memperoleh kalsium 41% lebih banyak daripada wortel biasa. Para ilmuwan tersebut berharap konsumsi wortel secara teratur akan mencegah osteoporosis dan penyakit tulang sejenis.

“Wortel ini tumbuh di lingkungan yang dipantau terus dan diatur dengan perlakuan khusus,” ujar Profesor Kendal Hirschi, salah satu peneliti dari Sekolah Kedokteran Baylor di Texas, AS. Namun, untuk siap dan aman dikonsumsi publik masih perlu penelitian lebih lanjut.

Selama ini, asupan kalsium banyak ditemukan pada susu. Namun, tidak semua orang bisa minum susu karena alergi dan sebagian lainnya menolak karena kandungan lemaknya tinggi. Wortel yang lebih fleksibel diharapkan bisa menjadi alternatif.

Para ilmuwan merekayasa salah satu gen wortel agar kalsium lebih mudah diserap melalui membran-membran selnya. Meskipun kadar kalsiumnya tidak sampai 1000 miligram, rekayasa serupa pada jenis tanaman lain mungkin dapat terpenuhi sesuai kebutuhan tubuh manusia.

Warna Oranye

Bukan kali ini saja wortel direkayasa. Warna oranye pada wortel saat ini merupakan hasil budidaya yang dilakukan ilmuwan Belanda pada abad 17. Wortel yang aslinya berwarna ungu direkayasa agar menjadi warna oranye sesuai warna kebanggaan Belanda.

Rekayasa genetika juga sudah dipakai untuk menghasilkan kentang yang lebih kering dan menyerap sedikit minyak saat digoreng sehingga lebih sehat dan renyah. Brokoli juga menjadi objek rekayasa agar menyimpan sulforaphane yang berkhasiat menggempur kanker.

“Banyak penolakan terhadap rekayasa genetika, namun secara bertahap kita sudah bergerak dari bentuk ‘makanan Frankenstein’ dan mulai menghargai manfaat kesehatan yang bisa dibawanya,” ujar Profesor Susan Fairweather-Tait dari East Anglia mengomentari hasil-hasil rekayasa pada tanaman konsumsi tersebut.





Rahasia Membuat Anak Anda Langsing

3 10 2008

Hanya 15 menit olahraga menendang bola disekitar halaman rumah atau berenang setiap hari bisa menjaga anak dari obesitas, demikian dikatakan peneliti Inggris dan AS baru-baru ini.

Satu studi terhadap 5500 anak-anak yang bersedia memakai perangkat sensor gerakan menunjukkan bahwa mereka yang berolah raga lebih sering akan punya kemungkinan lebih sedikit untuk mengalami obesitas – dan ledakan aktifitas kelihatannya akan amat menolong bagi anak-anak ini.

Anak-anak yang melakukan 15 menit olahraga bisa perharinya – setara dengan jalan cepat – 50% lebih sedikit mengalami obesitas dibanding anak-anak yang tidak aktif, demikian peneliti melaporkan di jurnal Public Library of Science PLoS Medicine.

Andy Ness dari University of Bristol dan koleganya menulis : “Data kami mengisyaratkan bahwa semakin tinggi intensitas aktivitas fisik bisa jadi lebih penting dari total kegiatan keseluruhan”

Chris Riddocj dari Britain Bath University yang bekerja pada studi ini mengatakan dalam satu pernyataan : “Studi ini menyediakan sejumlah bukti kuat pertama tentang hubungan antara aktivitas fisik dan kegemukan pada anak-anak. Kita tahu bahwa diet itu penting, namun apa yang riset ini katakana pada kita bahwa kita harusnya tidak melupakan tentang aktivitas fisik. Menjadi amat mengejutkan bagi kita bagaimana olahraga yang terkecil sekalipun ternyata memberikan hasil yang dramatis”.

Kegemukan meningkat pesat di banyak negara, apalagi di AS dimana 60% dari populasinya mengalami kelebihan berat badan atau kegemukan. Kegemukan menjadi masalah utama juga di Inggris dan banyak negara Eropa, bahkan telah masuk di negara-negara Asia.

Telah jelas bahwa orang-orang memakan lebih banyak kalori daripada yang dibakar tubuh mereka, namun peneliti tidak dapat setuju apakah diet ataukah olahraga yang lebih penting – dimana kemungkinannya olah ragalah yang lebih baik.

Ness dan tim-nya ini mempelajari 5500 anak-anak, yang rata-rata berusia 12 tahun, yang bersama ibu mereka juga mengambil bagian dalam studi kesehatan jangka panjang.

Anak-anak ini setuju untuk memakai alat yang disebut accelerometer yang bisa mengukur aktivitas, dan kemudian mereka menjalani scan sinar X untuk mengukur lemak tubuh. Peneliti mengukur anak-anak dengan 10% tingkatan massa lemak atau kegemukan.

Semakin sedikit anak berolahraga, semakin besar kemungkinan mereka mengalami kegemukan. Peneliti menuliskan : “Hubungan ini memberi kesan bahkan satu aktivitas paling sederhana, lalu meningkat hingga 15 menit aktivitas yang lumayan keras, kemudian aktivitas fisik penuh tenaga kemungkinan menghasilkan pengurangan yang tajam dari kegemukan dan kelebihan berat badan”.

Sumber: medicine.plosjournals.org





Susu Plus Cemilan, Solusi Tidur Nyenyak

1 10 2008

Jika semasa kecil, ibu Anda sering memberi segelas susu hangat sebelum tidur malam, ia memang mengerti apa yang Anda butuhkan . Susu merupakan minuman yang kaya nutrisi dan akan membuat Anda tidur lebih nyenyak dan tenang.

Nah, menurut spesialis kesehatan umum dari Mayo Clinic Kenneth Berge, M.D, susu dan produk turunannya memang bisa dijadikan solusi dalam membantu Anda tidur nyenyak. Susu adalah salah satu sumber terbaik tryptophan, sejenis asam amino yang akan diubah tubuh menjadi dua jenis hormon yang membantu tidur yakni melatonin dan serotonin. Jenis makanan lain yang mengandung tryptophan adalah oat, pisang, daging unggas dan kacang.

Untuk membantu serta memperbesar peluang tidur nyenyak, Kenneth Berge juga menyarankan untuk mengkonsumsi cemilan ringan dan sehat dengan komposisi terbesar karbohidrat dan sedikit protein. Kombinasi karbohidrat tinggi dan sedikit protein ini diyakini akan meningkatkan kemampuan tryptophan pada otak Anda, yang tentu membantu menghasilkan lebih banyak melatonin dan serotonin.

Berikut adalah contoh cemilan sehat yang membantu tidur :

– Semangkuk kecil oatmeal atau sereal dengan susu rendah lemak.

– Yogurt dengan granola sprinkled.

– Setengah porsi bagel atau crackers dengan selai kacang, 1 ons keju atau selembar deli turkey.

– Irisan apel dengan 1 ons keju.

Hindarilah terlalu banyak memakan protein sebelum waktu tidur. Makanan yang kaya protein juga mengandung tyrosine, asal amino yang merangsang aktivitas otak.

Makanan yang harus dihindari jelang tidur :

Makanan berat dan gurih, terutama jika Anda rentan terhadap heatburn atau nyeri ulu hati dan kepanasan seperti ditusuk-tusuk. Makan terlalu banyak juga bisa membuat Anda tidak nyaman secara fisik ketika tidur.

Jangan banyak minum. Memasukkan banyak cairan ke dalam tubuh sebelum tidur akan membuat Anda bangun dan terjaga berulang kali karena harus ke kamar kecil.

Alkohol. Meskipun awalnya akan membuat Anda mengantuk , alkohol dapat menyebabkan tidur tidak nyenyak dan membuat Anda terjaga.

Kafein. Layaknya stimulan, kafein meningkatkan aktivitas sistem syaraf Anda yang menyebabkan Anda justru sulit tidur.

Sumber : Kompas





Ingin Bebas Dari Penyakit? Minum Teh Hijau!

17 09 2008
Ingin Bebas Dari Penyakit? Minum Teh Hijau!

Khasiat teh hijau memang luar biasa. Bahkan berdasarkan riset banyak pakar yang mengkategorikan teh hijau sebagai minuman alami yang dapat menjaga kesehatan siapa saja yang mengonsumsinya.Berikut ini adalah manfaat teh hijau untuk kesehatan :


~Mencegah Kanker

Epigallocatechin Gallate yang terkandung di dalam teh hijau terbukti sangat potensial untuk menghambat aktivitas dari senyawa karsinogenik pembentuk kanker.


~Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Epigallocatechin Gallate yang terkandung di dalam teh hijau juga berfungsi menghambat aktivitas enzim Angiotensin Transferase penyebab timbulnya tekanan darah tinggi.


~Menyegarkan Tubuh

Kafeine / Tehine dari teh hijau mampu menstimulasi sistem saraf pusat dan dapat memberikan efek menyegarkan tubuh.


~Mencegah Influenza dan Mengobati Diare

Cathecin yang terdapat pada teh hijau mempunyai sifat antimikroba, yang mampu menonaktifkan virus penyebab influensa.


~Mencegah Karies Pada Gigi
Mineral Fluor cukup banyak terdapat di dalam teh hijau, selain itu senyawa Polyphenol yang dapat menghambat aktivitas bakteri mulut. Kedua hal tersebut akan mencegah timbulnya kerusakan pada gigi.




Kita Puasa Kita Sehat

9 09 2008

Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan bulan Romadhan, bulan yang indah dan penuh berkah. Subhanalloh, berlapar-laparnya orang beriman di bulan Romadhan, menahan rasa lapar dan haus ternyata tersirat hikmah yang besar khususnya bagi kesehatan jasmani.

Friend..

Salah satu kebutuhan manusia yang sangat penting untuk mempertahankan kehidupan adalah makan. Iya kan ? secara gitu lho, manusia memiliki jasmani yang butuh energi untuk bergerak. Tapi inget lho, kalo hidup bukan untuk makan, melainkan makan untuk hidup. Jadi kaya lagu slank ‘Makan nggak makan asal kumpul’. Kumpul dalam kebaikan dan kebenaran. (tambahan-nya).

Friend..

Ada 3 tingkatan makanan yang dikonsumsi manusia :

1. Tingkatan Haajat yakni makanan yang dibutuhkan. Yang ini hanya sebatas untuk menegakan tulang punggung.

2. Tingkatan Kifayah yakni makanan ukuran kecukupan. Yang ini makanan yang mengisi perut 1/3 perut (makanan dan pernafasan)

3. Tingkatan Fudlah yakni makanan yang berlebihan. Yang ini makanan yang mengisi perut lebih dari sepertiganya. Ini dia yang mengakibatkan gangguan pencernaan dan pernafasan.

Friend..

Lambung merupakan salah satu organ pencernaan. Lambung ini juga merupakan sarang penyakit. Jadi ketika lambung difungsikan melampaui dan hilang kemampuan kita untuk menguasai diri, melahap apa saja yang ditemui (makan minum sepuasnnya diatas kapasitas alat pencernaan) maka penyakitlah yang akan timbul. Namanya juga kebanyakan, berlebihan, kelewat batas yang akibatnnya nggak baik buat kesehatan. Misalnnya aja makan daging kambing berlebihan, akan mengakibatkan hipertensi, peningkatan kolesterol, penyempitan pembuluh darah dan serangan jantung. Juga kalo kita makan dan minum yang manis-manis, mengandung kadar gula yang tinggi, kita konsumsi secara berlebihan ini sama saja kita mengundang sang penyakit datang, kencing manis atau diabetes.

Friend..

Nggak mau kan, lambung kita menjadi korban yang mengenaskan? Makannya friend, makan dan minum jangan berlebihan sebab peran lambung dalam organ tubuh kita itu sangat vital. Kalo pencernaan kita sakit, otomatis tubuh kita akan sakit.

Rosululloh bersabda :

“Lambung (perut) adalah kolam tubuh. Urat-urat seluruhnya bermuara padanya. karena itu jika lambung sehat, maka urat-urat akan tumbuh sehat. Jika lambung sakit, maka urat-urat akan tumbuh sakit. (HR. Thabrani)

Friend..

Perut adalah penyakat yang terbanyak diderita orang-orang dari segala macam penyakit. Perut ibarat stasiun. Banyaknya makanan dan minuman yang tersimpan maka akan menimbulkan efek yang tidak baik.

Dengan pengendalian diri terhadap makanan dan minuman yang dikonsumsi adalah cara yang tepat. Mau tahu gimana Rosululloh SAW sangat menjaga apa-apa yang dikonsumsinya. Beliau yang mulia makan makanan yang halal dan toyib. Beliau makan dengan tiga jari dan setelah makan beliau mengisap atau mebersihkan jarinnya. Dalam Al Quran Alloh SWT berfirman, sebagai pengingat untuk kita manusia :

“Makan dan minumlah dan jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Alloh tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.” (QS. Al ‘Arof : 31)

Friend..

Ada seorang Dokter yang terkenal pada masa Rosululloh, namanya Al Haris bin Kaidah. Ia ditanya apakah esensi obat itu? Al Haris menjawab, “Melakukan diet dengan tepat.” Memberikan ungkapan yang dikenal dengan ilmu kedokteran hingga kini “Lambung adalah rumah penyakit dan diet (berpantangan) adalah pangkal segala obat.”

Variasi makanan boleh asalkan jangan terlalu berlebihan ya..

Friend..

Disini letak pentingnnya ajaram berpuasa, shoum di bulan Ramadhan merupakan salah satu upaya pelatihan diri dari pola makanan yang melampaui batas berlebihan. Dalam tubuh manusia ada sampah Fesses (tinja), urine, pencernaan. Contohnya bahaya sembelit akibat penumpukan sisa-sisa makanan diusus, yang menyebabkan tinja (sisa-sisa makanan yang diserap oleh tubuh dengan puasa berarti membatasi suplay makanan yang masuk, menghindari penumpukan racun, kotoran sehingga tubuh bersih dari racun, kotoran dan ampas.

Friend..

Seorang Dokter ahli bedah & psikiater di Amerika, Dr. Alexis Karl mengatakan : “Sesungguhnya makan banyak dan berlebihan dapat merusak fungsi makan. Padahal besar sekali fungsi makanan bagi kelangsungan hidup manusia, oleh karena itu pelu adanya pengaturan makanan. Karena itu diharuskannya berpuasa selama beberapa waktu.”

Friend..

Memang sih, puasa satu hari saja badan kayanya perut udah bersenandungkan lagu lapar alias minta asupan. Belum lagi ini berakibat juga pada gangguan fisik kita misalnnya, badan jadi 3 L, lemah, letih, lesu. Tapi dibandingkan itu semua, jauuuuhhh lebih banyak faedahnya. (u-nya banyak berarti banyak banget lho faedahnnya) daripada hanya sekedar lemah fisik.

Apa aja faedahnya? Antara lain : menormalkan denyut jantung, membakar lemak, memfungsikan cadangan protein, mengurangi intensitas kerja hati, sehingga melestarikan kesaimbangan organ-organ dalam dan kesehatan jantung. Puasa juga berfungsi membersihkan dan mengukuhkan jalinan seluruh syaraf yang ada dalam tubuh kita.

So, what do you think about healt? Puasa kita bikin jasmani sehat !





Agar Tetap Segar Selama Puasa

4 09 2008

KETIKA berpuasa, bahan makanan yang masuk (intake) berbeda dengan energi yang dikeluarkan (outtake) selama beraktivitas. Itu sebabnya, selama menjalankan ibadah puasa, kesehatan pun harus dijaga.

Untuk itu, perlu diperhatikan pengaturan makan dan minum pada saat sahur atau berbuka puasa, agar tubuh tetap segar dan bugar sepanjang hari selama berpuasa.
Pada saat berpuasa bahan makanan penghasil energi utama seperti karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, dan protein yang masuk ke tubuh kita tidaklah sebanyak hari-hari biasa. Untuk itu ada kiat-kiat khusus agar tubuh tetap segar dan fit selama berpuasa.

Agar kondisi tetap prima kendati tengah berpuasa, simak tips kesehatan di bawah ini. Read the rest of this entry »