Keputihan pada wanita hamil

8 09 2008

Keputihan yang dalam istilah medis disebut fluor albus atau leucorrhoea merupakan cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat terjadi pada setiap wanita, tanpa memandang usia. Tiga per empat wanita di dunia diperkirakan mengalami keputihan setidaknya sekali seumur hidupnya. Wanita hamil pun kerap mengalami keputihan selama masa kehamilannya.

Menurut Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG dari Departemen Obstetri dan Ginekologi FKUI/RSCM Jakarta, seorang wanita lebih rentan mengalami keputihan pada saat hamil karena pada saat hamil terjadi perubahan hormonal yang salah satu dampaknya adalah peningkatan jumlah produksi cairan dan penurunan keasaman vagina serta terjadi pula perubahan pada kondisi pencernaan. Semua ini berpengaruh terhadap peningkatan risiko terjadinya keputihan, khususnya yang disebabkan oleh infeksi jamur.

Keputihan dapat bersifat normal (fisiologis) dan tidak normal (patologis). Dalam keadaan normal, cairan yang keluar cenderung jernih atau sedikit kekuningan dan kental seperti lendir serta tidak disertai bau atau rasa gatal. Namun bila cairan yang keluar disertai bau, rasa gatal, nyeri saat buang air kecil atau warnanya sudah kehijauan atau bercampur darah, maka ini dapat dikategorikan tidak normal.

Keputihan seringkali dianggap sebagai hal yang umum dan sepele bagi wanita. Di samping itu, rasa malu ketika mengalami keputihan kerap membuat wanita enggan berkonsultasi ke dokter. Padahal, keputihan tidak normal karena infeksi yang berlanjut dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Pada ibu hamil, selain dapat mengganggu kesehatan ibu, juga dapat berpengaruh terhadap janin.

Baik wanita maupun ibu hamil yang mengalami keputihan yang tidak normal, jelas Dr. Ovi, segeralah memeriksakan diri ke dokter agar dokter dapat melakukan pemeriksaan secara seksama untuk mencari tahu penyebab keputihan tersebut dan setelah itu barulah dapat memberikan terapi yang sesuai.

penyebab_keputihan
Penyebab keputihan dapat digolongkan pada dua golongan besar, yaitu fisiologis dan patologis. Pada keadaan fisiologis, keputihan dapat terjadi pada saat hamil, sebelum dan sesudah haid, saat mendapat rangsang seksual, saat banyak melakukan aktivitas fisik yang kesemuanya tidak menimbulkan keluhan tambahan seperti bau, gatal, dan perubahan warna.

Sedangkan keputihan patologis disebabkan oleh infeksi mikroorganisma seperti virus, bakteri, jamur, dan parasit bersel satu Trichomonas vaginalis. Dapat pula disebabkan oleh iritasi karena berbagai sebab seperti iritasi akibat bahan pembersih vagina, iritasi saat berhubungan seksual, penggunaan tampon, dan alat kontrasepsi.

Infeksi virus, bakteri, dan parasit bersel satu umumnya didapatkan saat melakukan aktivitas seksual. Sementara infeksi jamur Candida sp yang secara normal ada dalam saluran cerna dan vagina, dapat terjadi karena pertumbuhan yang berlebihan akibat berbagai faktor, salah satunya adalah kehamilan yang menimbulkan kondisi terjadinya penurunan imunitas tubuh dan juga vagina.

Umumnya penyebab keputihan tersering pada wanita hamil adalah infeksi jamur Candida sp. Wanita hamil dapat terkena keputihan sejak awal kehamilan hingga trimester akhir menjelang persalinan. Namun pada keputihan karena infeksi jamur, akan lebih berat terjadi pada bulan-bulan terakhir kehamilan karena pada saat tersebut kelembaban vagina paling tinggi.

Menurut Dr. Ovi, selama belum terjadi persalinan dan selaput ketuban masih utuh, dimana janin masih terlindungi oleh selaput ketuban dan air ketuban yang steril, umumnya tidak ada efek langsung infeksi vagina yang menyebabkan terjadinya keputihan pada janin. Namun bila saat persalinan masih terdapat infeksi, maka dampak keputihan yang terjadi tergantung penyebabnya, dimana bayi akan terkontak dengan penyebab keputihan tersebut.

Misalnya, pada infeksi Chlamydia dapat terjadi keguguran hingga persalinan sebelum waktunya (persalinan prematur). Infeksi virus Herpes simpleks dapat menyebabkan radang pada otak bayi (ensefalitis). Infeksi jamur Candida sp dapat meningkatkan risiko terjadinya ayan (epilepsi). Infeksi virus HPV dapat menyebabkan terjadinya papiloma laring pada bayi yang menyebabkan gangguan pernapasan dan gangguan pencernaan bayi hingga kematian. Infeksi bakteri Neisserea gonorrhoeae dapat menyebabkan infeksi pada mata bayi hingga terjadi kebutaan.

Pada keputihan yang tidak normal yang disebabkan oleh infeksi, tentunya infeksi yang berlanjut dan tergantung penyebabnya, dapat mengganggu kesehatan ibu hamil. Misalnya bila terjadi infeksi Chlamydia pada kehamilan, dapat terjadi pecahnya selaput ketuban sebelum masa persalinan. Hal ini berakibat terjadinya infeksi pada janin dan juga pada ibu yang dapat menyebabkan infeksi berat hingga kematian.

Pada keputihan yang normal boleh saja melakukan hubungan seksual. Namun pada kondisi sedang terjadi masalah apalagi bila masalah tersebut ada infeksi, maka hubungan seksual harus dihindari hingga masalah selesai.

Diperlukan terapi pada pihak pasangan bila infeksi yang terjadi mungkin sudah terjadi pula pada pihak pasangan, agar tidak terjadi fenomena pingpong. Disebut fenomena pingpong karena infeksi pada perempuan yang juga ada pada pasangan prianya menginfeksi kembali pihak perempuan setelah perempuan tersebut sembuh dengan pengobatan sebelumnya.

Menyoal tentang cairan pencuci vagina, menurut Dr. Ovi, cairan pencuci vagina yang bersifat antiseptik kuat atau bila dilakukan pemasukan cairan pencuci vagina dalam jumlah besar ke dalam vagina (douche) dapat merusak flora normal vagina sehingga menyebabkan jamur dan bakteri mudah tumbuh. Sehingga untuk memilih cairan pencuci vagina, Dr. Ovi menyarankan memilih yang mempunyai keasaman sesuai dengan vagina dan penggunaannya hanya untuk di bagian luar vagina.

pengobatan_keputihan
Menurut Dr. Ovi, pada keputihan yang dikategorikan normal tidak perlu ada terapi khusus, yang penting adalah membersihkan organ intim secara benar dan teratur. Umumnya cukup dengan sabun khusus vagina dan air bersih serta menjaga agar pakaian dalam tetap kering dan bersih setiap saat. Sedangkan pada keputihan yang tidak normal sesuai dengan penyebabnya, harus segera mendapatkan pengobatan medis. Demikian pula untuk keputihan yang terjadi pada masa kehamilan.

Penanganan atau pengobatan untuk keputihan pada ibu hamil tergantung penyebab keputihan itu sendiri. Misalnya penyebab yang tersering yaitu infeksi jamur Candida sp, pengobatan yang paling aman pada perempuan hamil adalah pengobatan lokal dengan krim atau sejenis kapsul yang dimasukkan ke dalam vagina.

Pada infeksi bakteri yang paling sering menyebabkan persalinan prematur ada obat-obat minum dalam bentuk kapsul atau tablet yang aman dikonsumsi ibu hamil. Pada infeksi Neiserrea gonorrhoeae ada suntikan atau obat yang diminum dalam bentuk kapsul yang juga aman untuk ibu hamil.

Dr. Ovi menyarankan bagi wanita hamil yang menderita keputihan pada masa kehamilan agar segera memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan apakah keputihan tersebut masih normal atau sudah tidak normal dan memerlukan pengobatan.

Bagi suami yang istrinya mengalami keputihan saat hamil, Dr. Ovi menyarankan agar suami mau terlibat dalam proses pengobatan. Suami harus memahami bila dokter meminta untuk mengubah kebiasaan saat hubungan seksual yang mungkin berpengaruh dalam menyebabkan keputihan pada pihak istri seperti penggunaan kondom atau penggunaan gel khusus yang dapat membantu menurunkan iritasi saat hubungan seksual, atau sementara tidak melakukan hubungan seksual.

Suami juga mungkin diminta dokter untuk mengkonsumsi obat tertentu untuk menghindari fenomena pingpong bila terjadi istri terinfeksi oleh bakteri atau virus atau mikroorganisma lain yang dapat menular saat hubungan seksual.

Menurut Dr. Ovi, tidak semua keputihan dapat dicegah, terlebih bila penyebabnya adalah infeksi menular seksual. Meskipun demikian, penggunaan kondom saat berhubungan seksual dapat menurunkan kejadian infeksi menular seksual khususnya yang disebabkan oleh bakteri dan protozoa, sehingga pada yang kerap mengalami keputihan tidak normal yang cenderung berulang, selain terapi yang sesuai, penggunaan kondom juga dapat membantu.

Sumber : http://www.medicastore.com

About these ads

Actions

Information

32 responses

11 09 2008
infogue

promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!
http://www.infogue.com
http://penyakit.infogue.com/keputihan_pada_wanita_hamil

15 11 2008
suklowor

salam kenal… trimakasih telah mampir ke blog ku…

blogmu bagus….

13 02 2009
nesa

termakasih keterangannya itu sangat berguna sekali untuk saya yang sedang hamil

23 07 2009
Reni

Thanks…., infonya pasti akan sangat berguna. Krn kemarin2 sy masih bingung apa yg harus sy lakukan…
Sekarang sy tau penyebab dan solusinya.

19 01 2010
ietha

Artikel’a bgus, jadi mau ngomongin masalah wanita dech diblog, slam kenal iia..

28 01 2010
suleh

keputihan saat hamil 7 bulan

2 03 2010
wulan

saya saat ini sedang hamil 2 bulan, sering terjadi keputihan encer maupun kental, terakhir saya pernah mengalami keputihan rada coklat sedikit tapi tidak menimbulkan bau,apakah ini bahaya untuk janin saya

27 04 2010
widi

aq dulu wkt hamil tua juga mengalami keputihan yg berlebuh,.. terus lgs ke dr spesialis.,, kata dr kalo keputihan tdk segera diobati nnt bs mengganggu cairan ketuban jd mengganggu waktu proses persalinan,.. tp Allhmd aq bisa melahrkan normal,..

12 05 2010
tunai

info bagus, kebetulan istri saya sedang hamil 7 minggu, dan kadang ada cairan coklat keluar dari vaginanya… amankah ini?

15 05 2010
olga marin

tidak apakah kalu keputihan berwarna kuning tetapi tidak bauh

22 05 2010
Ayoe

saya hamil 14 minggu, dan keputihan yg saya alami ini sangat menganggu karena baunya yg tdk begitu sedap. saya sdh menggunakan pembersih u/ daerh kewanitaan, tetapi sama saja, saya sdh konsultasi dg Dr. tapi belum ada hasil

apa saya bisa dikasih Alternatif untuk menghilangkannya?

28 05 2010
Yuli

Sblm hml, sy sdh mengalmi keputihan, sampai usia kehamiln sy sdh 4 bln, sy tdk melalakukan pengobatan, krn daerah sy sangat terpencil tdk ada dokter spesialis, keputihan sy tdk bau, cuma gatal, seperti susu yg menggumpal dan gatal, klu berhubungan seks dgn suami sakit, trus kadang2 seperti ada darah dan bentuknya seprti benang merah, jd tolong ya bantu sy memberi solusinya trus obat apa yg hrs sy konsumsi, trima kasih sebelumnya

1 06 2010
Yulan

Bgus bgt artikelx, aq mulai kputihan hmil 5 bln rsax ga nyaman bgt krn blm prnh ngalamin yg kyk gni tp wrnax cm kekuningan trus ga bau

9 06 2010
Vhie

keluhan saya sama dengan wanita yang mengalami keputihan,tapi ada yang saya ingin tanyakan,saya mengalami keputihan kental berwarna putih tp tdk bening,dan setiap kali saya berhubungan dgan suami keputihan kental itu menempel dibagian alat klamin suami saya,ap keputihan seperti itu berbahaya? terima kasih.

15 06 2010
Eleez

Makash y artikelny bgus bgt,dan detail bgt,
aq hail 5 bulan, dan ada keptihan tp ga bnyak tp vagina q gatel, knp y, padahl ga berbau dan ga bnyak, makash.

22 06 2010
uni

sy hml 9 bln lebih,sy keputihan tdk brbau tap menurut sy lumayan byk dn mgental,sy sdh tanyakan ke dkr kandungan sy,tp tak apa-apa,tp sy merasa tergangu,karna kadang disertai dgn rasa gatal,skrg sy sering gunakan air rebusan daun siri untuk cebokan,bagaimana berbahaya tdk ?

22 06 2010
siti

sy sdg hamil 7 bln.sya mgalami kputihan sjk trimester prtma.tp mkin tua khamilan sy mkin bnyk kputihany.rsy tdk nyaman.bauy amis dan mnimbulkan gtal d skitar vagina.sy sdh cb pkai pmbersih kwnitaan tp hsly sm saja. keputihany brwarna susu dan kntal.dan stiap berhubungan dgn suami sring menempel d kelaminnya.yg mau sya tnyakan berbhayakah kputihan sperti ini?

2 08 2010
Margareta

Keluhan sya jga sama dengan wanita lain.sya hamil 2bln.dan mengalami keputihan,agak encer dan berwarna agak kuning tpi tak berbau.apakah keputihan saya membahayakan u janin?

2 08 2010
chi

saya sedang hamil 16 minggu , saya amat khawatir dengan keputihan yg saya alami
karena keputihannya encer dan menggumpal warna putih , kadang kuning ,dan baunya ga sedap ,,, saya khawatir akan mengganggu janin saya , bagaimana cara untuk pengobatannya … kira kira membahayakan ga ya?? soalnya saya belum pernah periksa ke dr . trimakasih

21 09 2010
Rental LCD Projector

da

26 09 2010
ester

saya sedang hamil 5 bulan.waktu usia kandungan saya 3 bulan saya mulai keputihan disertai gatal-gatal.pas bulan ke 5 tiba2 saja ada darah yg keluar ga banyak hanya setetes sudah 3 hari berturut-turut.agak menggumpal.saya mw tanya kira-kira ada msalah tdk sama janin sy dan knp smpi bs keluar darah? trimakasih

10 10 2010
oktiliya.h.s

mohon bantuany.saya ibu hamil dgn masa kandungan 6 bulan. saya mengalami keputihan dgn pengeluaran keputihan berwarna kuning,kental,gatal & pada saat saya dgn suami melakukan hubungan.keputihan itu menempel di alat kelamin suami saya.pertanyaan saya,normalkah keputihan saya,apakah mengganggu bayi di kandungan saya dan bagai mana saya dapat mengatasi keputihan saya ini? mohon bantuannya. trima kasih.

16 11 2010
asih puspitasari

salam kenal. dok saya mau tanya saya lagi hamil 7 bulan mengalami keputihan. bagaimana solusinya tolong kirim ke email saya makasih

22 11 2010
yuli afnizar

saya saat ini sedang hamil 2 bulan, sering terjadi keputihan encer maupun kental, terakhir saya pernah mengalami keputihan rada coklat sedikit tapi tidak menimbulkan bau,apakah ini bahaya untuk janin saya

22 11 2010
vita

saya hamil 4bln saya mengalami keputihan yg sangat membuat saya terganggu,,,,
rasa gtal n bau,,,,
gmn cra mengobatinya,,,
padahal sy sering ganti clana dlm sy,,,

4 12 2010
ika lopez

thanks atas infonya ni bisa mnjadi bahan pertimbangan bagi kaum ibu yg sedang hamil.

28 12 2010
rita

saya hamil sudah 4 bln,keputihan saya berwarna spt susu,berbau tetapi tidak gtl…saya tidak mahu bersama suami..dan sering sakit perut…adakah ianya tidak elok untuk anak dlm kandungan saya?

28 12 2010
rita

saya juga ingin bertanya..adakah makanan yg berbau akan mempengaruhi bahagian vagina saya…contohnya seperti makanan laut….belacan..sos tiram dan sebagainya….bantulah saya…saya tidak selesa dengan keputihan ini.

29 12 2010
firzah

dr. saya sedang memasuki kehamilan 6 bulan, dari bulan ke 2 saya sudah mulai keputihan dengan kadar yang banyak. warna keputihan, putih susu kental sekali, tapi kalo di celana dalam warnanya menjadi kuning. dengan keadaan seperti itu akhirnya saya sering ganti celana dalam 5 kali dalam seminggu. saya khawatir dok, bagaimana solusinya ?

15 01 2011
wit

@Vhie
sama nih, apa ngga papa yah?

1 02 2011
tari

makasih atas infonya skg jd tau.tapi ada pertanyaan kalau keputihan tidak bau, kekuningan kadang bening tapi menyebabkan gatal itu kenapa?gimana cara mengatasinya agar tidak demikian.karena jadi terganggu saat buang air karena pedih. saya sedang dalam keadaan hamil.mohon solusinya.terima kasih.

5 03 2011
konde

thank`s makasi makasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: